FT UNY Juara Innovation Contest 2014

Tim FT UNY kembali menorehkan prestasi dalam event berskala nasional, Innovation Contest 2014. Kali ini tim dari Jurusan Pendidikan Mesin berhasil merebut juara dua dalam lomba Innovation Contest 2014 yang diselenggarakan di FE UNY. Innovation Contest merupakan lomba Karya Tulis tingkat Nasional yang diselenggarakan tiap tahun, oleh UKMF Kristal FE UNY, yang pada tahun ini mengengkat tema “Pengembangan Produk Kreatif dan Inovatif Dalam Menghadapi AEC 2015”.

Mereka adalah Rusmeianto, Wawan, dan  Rio Rizki Khanigia yang berhasil menjadi juara 2 dengan  mempersembahkan alat yang diberi nama Minimarisu. Minimarisu merupakan konsep ruang yang minimalis tetapi bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang sama halnya dengan ruang kamar yang luas.

Konsep kamar minimarisu yang dikembangkan dengan memadukan fungsi tempat tidur, meja, almari dan rak buku yang dikemas sederhana tanpa mengurangi fungsinya. Tentunya dengan demikian minimarisu sangat cocok digunakan untuk pemukiman padat penduduk, ruko, dan masyarakat yang tidak memiliki luas lahan yang cukup besar. Minimarisu ini merupakan trobosan inovasi terbaru perabot rumah tangga.Yang mana minimarisu ini memiliki prospek yang baik jika dikembangkan oleh pemerintah maupun industri besar atau menengah. Dengan adanya inovasi minimarisu ini akan membawa dampak positif bagi industri mabel di Indonesia untuk meningkatkan daya saing produk mabel dalam pasar bebas AEC 2015 yang akan datang.

Dari puluhan tim yang mendaftar, terpilih 15 finalis yang mengikuti babak Final yang diselenggarakan pada 2- 4 Mei 2014. Adapun Universitas yang yang berpartisipasi dalam Final tersebut yaitu : Universitas Negeri Padang, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Tanjungpura, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Sutan Ageng Tirtayasa. (nda)