Ganafest #5

Himpunan Mahasaiswa Boga, Busana, dan Rias Kecantikan (Himagana) kembali mengadakan Gana Festival beberapa waktu lalu dengan mengangkat tema “Glory in the Shine atau Berbagi Sinar Kepedulian”. Agenda ini bertujuan mengenalkan karya kreatif, inovatif, dan berwawasan pendidikan dari jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT UNY pada masyarakat umum. Tahun 2016 merupakan tahun ke-5 (lima) acara GanaFest

Menurut Abdul Azis, Ketua Himagana, pemilihan tema “Glory in The Shine – Berbagi Sinar Kepedulian” semuanya berawal dari kegelisahan dan keresahan mahasiswa akan kondisi Indonesia, terutama generasi muda khususnya Mahasiswa, “Kami mengajak seluruh masyarakat  khususnya di lingkungan Pendidikan Teknik Boga dan Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, agar lebih memperhatikan keadaan sekitar serta mengembangkan sikap peduli terhadap sesama sehingga dengan begitu mahasiswa akan lebih peduli terhadap masa depan bangsa,” serunya.

Pembukaan GanaFast #5 sendiri dilakukan oleh Dekan FT UNY, Dr. Widarto, M.Pd., secara simbolis dengan pemotongan pita yang dilanjutkan dengan tarian tradisional yakni, tari Panyembrama, sebuah tarian persembahan, kemudian pawai karnaval dengan rute memutari kampus Universitas Negeri Yogyakarta. Pawai karnaval tahun ini menggunakan kostum barang bekas seperti plastik yang diubah menjadi gaun pesta. Pemilihan bahan ini adalah sebagai pesan bahwa banyaknya limbah plastik yang sebenarnya dapat dimanfaatkan pada bidang Fashion.

Beberapa acara lain seperti lomba Fashion Design, lomba Plating Bento, lomba Make Up fantasi. Ada pula demo memasak, hijab dan rias, juggling. Acara penutup pada malam hari sangat meriah dengan mengundang beberapa Band seperti Asap Tebal, Langit senja, Sastromoeni. GanaFast #5 mempersembahkan juga berbagai bakat Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, seperti Tim Juggling. Pada acara puncak penutupan GanaFast #5 menampilan NDX AKA dan juga di tutup penampilan DJ.

Wahyu, salah satu pengunjung memberikan apresiasi atas acara yang dilaksanakan, “Acaranya sangat menyenangkan, PTBB saya kira acaranya akan girly-girly saja tapi ternyata sangat variatif dan menarik bagi semua kalangan,” ujarnya.