GARUDA UNY TEAM SIAP BERTEMPUR DI SINGAPURA

Sebanyak 15 orang delegasi tim mobil Garuda UNY atau lebih dikenal dengan sebutan Garuda UNY Team (GUT) kemarin, selasa (14/3) bertolak ke Singapura untuk mengikuti Kompetisi Shell Eco Marathon 2017. Berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia yang merupakan salah satu sponsor GUT yang telah mendukung sejak tiga tahun terakhir. Tahun ini merupakan kali pertama bagi Garuda UNY Team ikut berpartisipasi dalam ajang bergengsi tingkat dunia, Shell Eco Marathon 2017. Terdapat tiga kategori dalam kompetisi ini yaitu Battery Electric, Hydrogen, dan Internal Combustion Engine (ICE).

Mobil Garuda UNY Urban Gasoline yang tergabung dalam kategori ICE merupakan mobil pengembangan dari tahun lalu. Improvisasi ini dilakukan hampir di seluruh bagian seperti engine, body, brake system, dll. Salah satunya chassis, jika sebelumnya komponennya terdiri atas gabungan anatara aluminium dan besi sekarang hanya menggunakan aluminium saja. Tujuan dari pengembangan ini,selain memang untuk perbaikan,juga untuk mengurangi bobot kendaraan. Sebelum penegmbangan bobotnya 120 Kg sekarang menjadi 105 kg.

“Cita-cita sejak 2013 akhirnya tercapai juga. Kompetisi ini telah lama diidamkan oleh Garuda UNY Team (GUT). Akhirnya, tahun ini GUT berkesempatan untuk berlaga di kompetisi ini.” Tutur Sutiman, M.T selaku advisor GUT.

“Dukungan maksimal dari pihak kampus, sponsor dan tentunya keluarga, harus kita bayar lunas tuntas. Maksimalkan usaha dan harus teliti hingga hal paling kecil. Kekurangan yang pernah ada jangan sampai terulang lagi, serta yang paling penting perteguh ibadah.”Tambahnya.

Kompetisi Shell Eco Marathon tahun ini merupakan kompetisi yang paling banyak diikuti dan paling beragam sepanjang penyelenggaran yang telah ada, khususnya peserta dari Indonesia yang biasanya hanya sekitar 6 tim, tahun ini meningkat menjadi 19 tim.” Tutur Rini selaku perwakilan Shell di Indonesia. Sebanyak 575 Tim dari berbagai negara datang dengan inovasi kendaraan yang luar biasa, diantaranya dari Mesir, Bangladesh, Pakistan, Vietnam, New Zealand, Filipina, China, Saudi Arabia, India, Brunei Darussalam, Malaysia, Egypt, Singapura, Thailand, dan Qatar.

Hari ini (16/3), GUT akan melanjutkan lima tahapan technical inspection setelah kemarin lolos lima tahapan. Dikarenakan antri yang cukup panjang dan waktu telah habis, maka akan dilanjutkan hari ini” Tukas Mifta Saputra, Ketua delegasi SEM 2017.

Setelah lolos 10 tahapan tersebut, kita akan melakukan practice run sebelum race pada 17-19 Maret 2017.Semoga bisa memaksimalkan waktu, tenaga, serta kesempatan yang ada.”Tutupnya. (Een)