Gelar Produk 'Sistem Otomasi Industri'

Sebagai upaya promosi dan diseminasi inovasi mahasiswa, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro menyelanggarakan gelar produk di selasar jurusan (25/5-2016) dengan memamerkan berbagai karya mahasiswa yang merupakan hasil dari Tugas AKhir mata kuliah Perencanaan Sistem Otomasi Industri. Sebanyak 20 karya mahasiswa dipamerkan dengan mengusung berbagai terobosan dalam sistem otomasi disesuakan dengan kebutahan masyarakat.

Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Totok Heru Tri Maryadi, M.Pd., saat membuka pameran mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah berjuang keras menyelesaikan karya tepat pada waktunya. “Saat ini, semua karya yang dipamerkan memang masih berupa prototipe namun saya berharap kedepan bisa dikembangken sedemikian rupa sehingga benar-benar menjadi inovasi yang bermanfaat di tengah-tengah masyarakat”, ujar Totok Heru.

“Mengacu kepada hal tersebut, pameran ini diharapkan bisa menjadi ajang untuk menyaring masukan dari para pengunjung sehingga bisa dijadikan sebagai bahan untuk perbaikan,” tambahnya.
Sementara itu, Rustam Asnawi, Ph.D., selaku dosen pengampu mata kuliah Perencanaan Sistem Otomasi Industri, mengatakan bahwa inovasi yang baik itu mesti berkelanjutan. “Itulah yang menjadi dasar pelaksanaan pameran ini sehingga saya berharap mahasiswa adik tingkat dapat menyaksikan dan belajar dari inovasi pada pameran ini, lalu nantinya bisa mengambangkan lagi untuk project mereka kedepan, jelas Rustam.

“Melalui proses tersebut, saya berharap akan ada upaya berkesinambunagn untuk menghasilkan karya yang terbaik”, imbuhnya.

Agar semakin memotivasi mahasiswa dalam berinovasi, pihak jurusan memberikan penghargaan kepada 3 karya terbaik mahasiswa.Setelah melaui proses pemilihan, 3 inovasi terbaik pada pameran ditasbihkan pada prototype sistem kendali untuk mendukung smart home, ketukan rahasia sebagai keamanan pintu otomatis serta safe house kendali pintu rumah