IT Career Clinic Gamatechno di FT UNY

Peluang kerja di bidang IT saat ini sangat besar dan persaingan didalamnya pun cukup ketat. Hal ini menjadi tuntutan tersendiri bagi mahasiswa untuk terus mengikuti perkembangan dan meningkat skill di bidang IT.

Gamatechno sebagai salah satu  perusahan IT Indonesia bersama HIMANIKA menyelenggarakan  IT Clinic Carrer (ITCC). ITCC diselenggarakan pada  Kamis 20 Febuari di Gedung KPLT FT UNY lantai tiga. Dengan tema "Technopreneurship dan sukses karir dibidang TI Bersama gamatechno group", acara ini mengajak mahasiswa untuk lebih mengetahui peluang-peluang kerja di bidang IT.   Terdapat tiga materi yang disampaikan, yaitu tentang gairah karir dan wirausaha TI, pengenalan anak perusahaan Gamatechno, yaitu AINO dan sharing bersama alumni dari FT UNY yang sukses berkarir di Gamatechno.

Materi pertama diisi oleh Direktor Gamatechno, yaitu bapak Adityo Hidayat. Beliau memaparkan  dua pilihan berkarir di bidang IT, yaitu sebagai IT professional atau menjadi Technopreneur.

“ Hal penting untuk jadi IT Professional adalah harus jujur terhadap kemampuan diri sendiri, attitude,  portofolio atau jam terbang, dan social network literate,” papar Bapak Aditio.

Bagi yang ingin menjadi wirausahawan IT atau biasa disebut Technopreneur, beliau megungkapkan bahwa ide yang orisinil dan unik menjadi hal yang penting.  Setelah ide muncul, harus mulai membentuk  tim dan membuat  produk yang bernilai . Memilih cara marketing yang tepat , keefektifan dan efisiensi kerja serta pemilihan timing yang tepat juga akan mempengaruhi kesuksesan dalam menjadi Technopreneur.

Pada sesi kedua, Yuanda Bhima  Fesida, sebagai Businnes Development Manager dari  AINO menceritakan bagaimana proses berkembangnya AINO dan jenjang karir karyawannya.  Selanjutnya disesi ketiga, diisi oleh Apris Kiswandi, Senior Developer dari Gamatechno . Apris Kiswandi sebagai alumni dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, berbagi mengenai pengalaman dan awal bagaiman a bisa menjadi senior developer dan berkarir di Gamatechno.

Disesi terakhir diadakan sesi sharing dan tanya jawab, kemudian disusul dengan tes potensi dan penyerahan dorprize.

Ibu Ratna Wardhani, selaku Kaprodi Pendidikan Teknik Elektronika agenda semacam ini sangat baik karena bisa membuka banyak wawasan dari mahasiswa. Harapanya dengan mengikuti acara seperti ini, mahasiswa bisa termotivasi dalam kuliah maupun dalam berkarya. (meg)