JUARA 2 GREEN BUILDING COMPETITION, DIPLOMA CIVIL SCIENTIFIC COMPETITION 2017

Tim Bimasena dari Divisi Rancang Bangun (DRB) UKM Rekayasa Teknologi Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih Juara 2 dalam ajang Green Building Competition di Universitas Diponegoro (8 – 11/11/2017). Pada kompetisi ini Tim Bimasena beranggotakan Alfian Fahri Akbar, Wahyu Tri Pamungkas  dan Lutfi Aulia Syafa’atin Nisak  dibawah bimbingan Dosen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Darmono, M.T.

Dengan tema kompetisi “Konsep Teknologi dan Desain Bangunan Sederhana yang dapat Teraplikasikan dengan Cepat, Praktis, Ekonomis dan Berwawasan Lingkungan”, Tim Bimasena mengangkat konsep bangunan berbahan dasar material dari alam yaitu bambu dengan judul “HOBBIT, Home Stay of Bamboo Innovation Technology”. 

Alfian, selaku ketua tim menyampaikan bahwa HOBBIT mengambil konsep filosofi sarang lebah, dimana bentuk dari bangunan ini menirukan bentuk sarang lebah yaitu segi enam (heksagonal). “HOBBIT menggunakan inovasi teknologi konstruksi bangunan system bongkar pasang (knock-down system) dengan komponen dibuat secara pabrikasi. Sistem knock down dipilih dalam pembangunan HOBBIT dengan tujuan menekan pemborosan bahan dengan cara mengurangi pemotongan bahan karena telah dicetak sesuai dengan standar komponen,” jelas Alfian.

“Konsep berwawasan lingkungan dalam HOBBIT diterapkan dengan pemanfaatan dan penggunaan energi dalam bangunan,” beber Alfian.

Alfian menambahkan bahwa timnya sudah melakukan persiapan sebaik-baiknya untuk babak final dengan menyiapkan prototype dari HOBBIT sendiri juga presentasinya. “Namun tentu dengan pencapaian ini kami tidak lantas berpuas diri dan kmai telah melakukan evaluasi terhadap lomba kemarin sehingga bisa menjadi ajuan untuk perbaikan pada karya kami selanjutnya,” tutupnya.
“Kemudian melalui media ini kami tim Bimasena juga ingin mengucapkan terimakasih banyak pada semua pihak yang terlibat dan memberikan doa, dukungan secara optimal sehingga kami dapat meraih hasil baik dalam kompetisi ini,” ujarnya.

Hasil dari perlombaan in secara lengkap adalah Juara 1 diraoh Tim SEER S-57 (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya), Juara 2 adalah Tim Bimasena (Universitas Negeri Yogyakarta), Juara 3 adalah Civil UM (Universitas Negeri Malang), Juara Harapan 1 adalah Arclogi (Universitas Teknologi Yogyakarta), Juara Harapan 2 adalah Tim Sililintas (Institut Pertanian Bogor) dan Juara Harapan 3 adalah Tim Semar Varokah (Universitas Negeri Sebelas Maret).