Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura kunjungi Fakultas Teknik UNY

Dalam upaya memperluas jejaring kerjasama dan bertukar pengalaman di bidang pendidikan, rombongan dari Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Rombongan ini dipimpin oleh Wakil Dekan 2 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura, pada hari Jumat, (17/11/2023). Kunjungan ini menjadi sarana untuk mempererat hubungan antara kedua fakultas dan juga sebagai bentuk kolaborasi lintas disiplin ilmu. Turut serta dalam rombongan Koordinator Program Studi dan dosen Prodi Pendidikan Informatika FIP UTM.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Dekan 2 FIP UTM, Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd., menyampaikan tujuan dari kunjungan ini, antara lain untuk bertukar pengalaman terkait tata kelola sarana prasarana dan menjalin kerjasama. “kami bisa adaptasi terkait sarana dan kebijakan terkait sdm atau yang lainnya yang bisa diterapkan di fakultas kami maupun prodi kami,” ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si., menyambut baik kunjungan dari Fakultas Ilmu Pendidikan UTM. “terima kasih atas silaturahminya, mudah mudahan ini adalah awal perjalanan panjang untuk menuangkan kerjasama antara FIP dengan FT UNY, “tuturnya.

Pertemuan ini menciptakan ruang bagi kedua fakultas untuk mendiskusikan perbedaan dan persamaan dalam pendekatan pendidikan masing-masing. Harapannya, hasil dari kunjungan ini dapat membuka jalan untuk kerjasama yang lebih erat di masa depan, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura mengukuhkan hubungan kerjasama mereka melalui penandatanganan perjanjian kerjasama. Penandatanganan ini dilakukan oleh Dekan FT UNY, Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si. dan Dekan FIP UTM, Dr. Hani’ah, S.Pd., M.Pd.

Perjanjian ini mencakup berbagai aspek, mencerminkan komitmen kedua pihak untuk saling mendukung dan mengembangkan potensi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ruang lingkup kerjasama meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pelatihan, penyelenggaraan pengabdian masyarakat, peningkatan dan pengembangan kompetensi sumberdaya manusia, Implementasi MBKM, kuliah praktisi, dan bidang yang lain.