Juara II International Roof Truss Design Competition UGM

Tim Wisanggeni Warrior dari divisi Rancang Bangun UKM Rekayasa Teknologi Univeristas Negeri Yogyakarta kembali menorehkan prestasi dalam event berskala nasional dengan meraih Juara II International Roof Truss Design (IRTDC) di UGM (1-5/05/2017). Selain tropi tim ini juga berhak mendapat unag pembinaan sebesar 500 USD.

Tim ini beranggotakan Hendra Dewata, Mahsya Polivcha Putri, dan Wahyu Bagas Pamungkas dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik UNY dibawah bimbingan Darmono, M.T. 

International Roof Truss Design (IRTDC) sendiri merupakan serangkaian acara #7 Civil In Action serta event tahunan terbesar Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan UGM. IRTDC merupakan lomba design rangka atap tingkat Internasional yang diikutin oleh 15 tim finalis yang lolos seleksi proposal. IRTDC merupakan lomba perencanaan kuda-kuda yang diimplementasikan guna mengetahui kesesuaian antara perencanaan dengan implementasi. 

Hendra Dewata menjelaskan perjalanan timnya dalam lomba ini diawali dengan seleksi proposal. “Setelah lolos seleksi proposal, kemudian seluruh tim yang lolos diundang untuk babak final dengan sesi perakitan, presentasi, hingga pengujian,” kenang Hendra.

“Tim kami merupakan salah satu finalis IRTDC yang berhasil menjadi tim dengan perakitan tercepat dengan catatan waktu 25 menit dan setelah melalui serangkaian tahap pengujuan akhirnya kami dinyatakan sebagai posisi dua terbaik,” ujarnya.

“Tim kami merencanakan kuda-kuda akan runtuh/rusak pada beban 230 kg, dan luar biasanya ketika tahap pengujian kuda-kuda rusak pada beban 240 kg,” tutur Hendra.

Juri dalam kejuaran ini juga berasal dari kalangan akademisi internasional diantaranya, Dr. Hazrina Mansor, dari Faculty of Civil Engineering University Teknologi Mara. Malaysia, Dr. Li Bing, dari School of Civil and Environmental Engineering, Nanyang Technological University. Singapore serta Prof. Ir. Henricus Priyosulistyo, M.Sc., Ph. D, UGM.