Lulusan Bersertifikasi Kompetensi Cepat Terserap Industri

PT SMC Jakarta melakukan rekrutmen pagawai dari alumni jurusan Pendidikan Teknik ELektro Universitas Negeri Yogyakarta (23/03) dan setelah melakukan seleksi 15 alumni kemudian diboyong ke Jakarta untuk On Job Training di Perusahaan yang bergerak di bidang Trading atau Penjualan barang barang otamasi industri, berupa pneumatics dan hidraulik ini. Mayoritas tenaga kerja yang lolos telah memiliki sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh FT UNY bekerjasama dengan SMC International Training.

Manager PT. SMC Jakarta, Edi mengatakan bahwa rekrutmen kali ini memang mengutamakan yang telah bersertifikasi kompetensi dalam bidang pneumatic karena saat ini industri menggunakan Teknologi Otomasi. “Sebagai contoh perusahaan Otomotif Jepang tersebesar di Indonesia, yang menggunakan komponen Otomasi yaitu pneumatik dan hidrolik. Oleh karena itu tenaga kerja yang siap bekerja diindustri harus memiliki kompetensi dalam bidang tersebut,” terangnya.

Hal ini sejalan dengan kerjasama yang dibangun antara SMC Internasional Training dengan Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika dengan mendirikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mekatronika bidang Pneumatik.

Koordinator Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Herlambang Sigit Pramono, M.Cs., menuturkan bahwa sampai saat ini sudah mengeluarkan 30 sertifikat kompetensi dalam bidang pneumatik dan elektropneumatik dan mayoritas telah bekerja di Industri.

Sertifikasi kompetensi kerja sendiri merupakan pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan, dengan demikian sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang setifikat) tersebut terjamin kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.