Mahasiswa PTI Gelar Pameran Software Tugas Akhir Kuliah

Mahasiswa dari prodi Pendidikan Teknik Informatika menyelenggarakan INFORMATIX #1 Informatics Exhibition pada Senin, 30 Juni 20 14. Acara yang digelar di KPLT lantai 3 ini sebagai bentuk tugas akhir dan ujian semester mahasiswa mata kuliah Pengembangan Sistem Berbasis Objek (PSBO) dan Rancangan Perangkat Lunak (RPL) yang diampu oleh Dr. Ratna Wardani.

Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak merupakan kuliah yang mempelajari pengembangan aplikasi, tahap-tahapannya dari mulai analisis awal sampai ke implementasi.  Sementara mata kuliah Pengembangan Sistem Berbasis Objek adalah mata kuliah yang mempelajari prosedur pengembangan aplikasi dengan pendekatan objek. Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar untuk membangun sebuah aplikasi berbasis objek melalui tahapan analisis awal sampai testing dan branding.

Selain mempelajari teori, mahasiswa yang menempuh kuliah PSBO dan RPL  juga belajar mengembangkan langsung aplikasi menerapkan teori-teori yang ada. Aplikasi hasil akhir matakuliah ini lah yang kemudian ditampilkan pada INFORMATIX #1 Informatics Exhibition.

Dengan diikuti oleh 22 tim, pameran berlangsung mulai pukul 08.00. Selain menampilkan aplikasi karya mahasiswa, setiap tim juga mempresentasikan karyanya didepan dosen Pembina sebagai  salah satu proses penilaian. Aplikasi yang ditampilkan pada INFORMATIX #1 ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu aplikasi desktop, mobile dan game.

“Harapannya publikasi pameran bisa diperluas lagi dan ditambah kerja sama dengan instansi sehingga orang luar juga tahu jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan karya-karya yang sudah dihasilkan,” ungkap Eka salah satu panitia kegiatan. (meg)