Mengangkat Moral Desa Jatimulyo, Kulon Progo

“Saya salut dengan pihak UNY yang telah sudi untuk hadir dan mengangkat moralmasyarakat kami. Maka dari itu, kami akan berjuang keras untuk menjaga semua hal yang telah diberikan UNY serta mewujudkan saran dan masukan dari pihak UNY demi kesejahteraan dan kemajuan desa kami”,ungkap Sudarmo, Komandan LINMAS Desa Jatimulyo,Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo kepada Tim Humas disela-sela agenda Bakti Sosial UNY (27/04).. Agenda Bakti Sosial yang merupakan serangkaian agenda Dies Natalis Ke-50 UNY iniserentak dilakukan di Sleman, Kota Yogya, Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo sebagai bentuk kepedulian UNY pada masyarakat. wilayah Kulon Progo sendiri dihandleoleh Fakultas Teknik (FT) bersama dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Wakil Rektor II, Dr. Moch Alip M.A., yang memimpin rombongan  di Kulon Progo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh perangkat desa yang telah memberikan kesempatan bagi UNY untuk bersilaturahmi dan berbagi  di desa Jati Mulyo. “Semoga agenda ini membawa banyak manfaat dan kedepan apapun yang sekiranya dibutuhkan warga Jatimulyo jangan sungkan-sungkan untuk disampaiakn kepada UNY, kami siap membantu”, tandasnya.

Selain bantuan dana, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Keolahragaan juga memberikan bantuan berupa pelayanan kesehatan gratis bagi warga Jatimulyo dengan menghadirkan tiga dokter dari UNY dan dua dokter dari Puskesmas setempat serta massage dari para mahasiswa. UNY juga memberikan bantuan untuk lingkungan dengan mengadakan aksi tanam pohonjugapada bidang pendidikan dan sosial seperti donasi buku-buku, sembako dan pakaian.

Para mahasiswa juga mengadakan permainan-permainan eduaktif yang menghadirkan keceriaan dan keriangan bagi anak-anak di desa Jatimulyo.

Dalam agenda tesebut hadir pula mitra UNY dari Kasetsart University, Thailand dan UCSI University, Malaysia yang turut memberikan bantuan dana kepada masyarakat desa Jatimulyo.

Kepala Desa Jatimulyo, Anom Sucondro, dalam sambutannya mengatakan bahwa UNY adalah pihak pertama yang menyentuh dan menggerakan muda-mudi karang taruna di Jatimulyo untuk melaksanakan suatu agenda yang bermanfaat bagi masyarakat. “Saat ini kami dalam proses penataan lembaga desa dan pengembangan karang taruna, oleh karena itu kerjasama dengan UNY menjadi pengalaman dan sarana pembelajaran yang sangat berharga bagi kami khusunya para pemuda Jatimulyo.

Senada dengan hal tersebut, Purwono, S.E., Camat Girimulyo mengungkapkan bahwa Bakti Sosial dari UNY tidak hanya sebagai ajang kepedulian sosial namun juga mengasah potensi dan kreativitas para pemuda desa setempat untuk berkarya dan berorganisasi. “Selamat untuk seluruh masyarakat desa Jatimulyo dan Sukses selalu untuk UNY!”, tutupnya. (hryo)