Pembinaan Karakter Karyawan FT UNY melalui Outbound

Segenap karyawan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta didampingi pimpinan Fakultas menyelenggarakan Outbound di Telogo Plantation Resort Tuntang , Kabupaten Semarang pada sabtu, 12 Nopember 2011. Acara yang bertajuk Pembinaan Karakter Karyawan FT UNY 2011 ini bertujuan untuk pembinaan karakter karyawan dan mempererat tali silaturahmi antar keluarga besar FT UNY. Selain itu juga sebagai ajang refreshing dan relaxsasi selurah pimpinan dan staf FT UNY .

Sebelum acara dimulai, Wakil Dekan I, Dr. Sudji Munadi menyampaikan rasa bahagianya karena agenda ini akhirnya dapat terlaksana karena acara refereshing dan kebersamaan semacam ini telah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya namun karena kesibukan dan lain hal maka baru bisa dilaksanakan sekarang ini. “Semoga dengan acara ini kita bisa menyegarkan pikiran dan hati kita setelah cukup capek dengn rutinitas yang sehari-hari kita jalankan di kantor. Selain itu, harapannya kita dapat mengambil nilai-nilai positif dari permainan-permainan yang akan kita mainkan hari ini,”tambahnya.

Agenda ini dimulai dengan coffe break dan ramah tamah, kemudian dilanjutkan dengan permainan-permainan yang mengedepankan kerja sama, kekompakan, ketangkasan, dan kreativitas.

Dalam permainan rombongan dibagi menjadi kelompok – kelompok dengan nama-nama binatang tertentu, sebelum game dimulai tiap kelompok diminta untuk menyuarakan yeal-yel masing-masing. Kemudian permainan antara lain dalam bentuk kompetisi seperti tarung naga yang mana mengedepankan semangat dan kekompakan tim, dalam permainan ini dua kelompok bertarung dengan formasi memanjang sperti ular dan dibagian paling belakang diberi balon lalu bagian depan bertugas meledakkan balon tersebut. Lalu bola sumpit yang semacam lomba memasukkan bola dari satu ember ke ember yang lain, dalam permainan ini konsentrasi dan kecermatan sangan diutamakan.

Kemudian table race yakni tiap kelompok bertugas membawa segelas air dengan menggunakan selembar kain secara bersamaan kerja sama dan  ketangkasan sangat diperlukan untuk memenangkan lomba. Serta speed ball yang mana tiap kelompok harus bekerja sama  untuk mengalirkan bola dengan menggunakan bambu yang telah dibelah.

Setelah permainan outbound selesai, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama kemudian acara santai yang diberangi dengan. Kemudian dalam perjalanan pulang peserta sempat diberikan waktu sejenak untung merasakan segarnya udara didesa wisata Kopeng. (haryo)