Tim Karnaval FT UNY Semarakkan Buleleng Endek Festival

Setelah dinobatkan sebagai juara Jogja Fashion Week 2014 pada bulan Juni lalu, Tim Karnaval FT UNY mendapat undangan sebagai Bintang tamu dalam "Buleleng Endek Festival" (Bulfest) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng pada tanggal di Buleleng, Singaraja, Bali sebagai bintang tamu. Mengusung tema  “The dynamic of Buleleng”, acara ini bertujuan untuk membangkitkan kembali kebanggaan Buleleng sebagai kota warisan sejarah budaya bangsa.

Bulfest adalah event budaya yang menyajikan kombinasi antara seni, budaya, pendidikan dan lingkungan sosial yang akan mengarahkan Buleleng pada terintegrasinya pelestarian, kreativitas, inovasi, promosi dan branding Buleleng.

Afif Ghurub Bestari, pembimbing dan konseptor Tim Karnaval FT UNY, menceritakan bahwa tema yang dibawakan terinspirasi dari keindahan Bahari Bali dengan memanfaatkan kain tenun Endek, kain Prada, Tamiang, kain Banten dan Kamboja untuk menunjang tema acara. “Sehingga kekayaan bahari ini pun mampu terepreentasikan melalui busana yang di pakai oleh sepasang maskot Tim Karnaval FT UNY, yakni Lion Fish dan Lumba-lumba”ceritanya

Tidak hanya sekedar mempersembahkan penampilan yang istimewa dari Yogyakarta, Afif bersama dua desainer lainnya yaitu, Lia Mustafa dan Agung juga memberikan materi mengenai Fashion Carnival. Dalam sesi ini, Afif yang merupakan staf pengajar di Program Studi Pendidikan Teknik Busana FT UNY menjelaskan mengenai desain, produksi kostum serta performance yang harus diperhatikan pada karnaval. (ratri)