Tim R.A.D.A.R UNY Juara 1 Lomba Pengembangan Aplikasi di PENS

Mahasiswa Universitas Negri Yogyakarta (UNY) berhasil merebut gelar juara 1 dalam ajang lomba pengembangan aplikasi yang diadakan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), 24 Mei 2014. Mahasiswa tersebut adalah Andri Nuryawan, Rahmawati Nafiah dan Rais Rahman Ardian. Mereka adalah mahasiswa Prodi Informatika Fakultas Teknik.Mahasiswa yang tergabung dalam tim R.A.D.A.R tersebut berhasil menyingkirkan 4 lawan yang lain dalam lomba Application Development Competition (Adevcom) yang sudah ketiga kalinya diadakan.Lomba pengembanganaplikasi yang merupakanbagian dari acara Enumeration 2014ini diadakan olehJurusan Informatika PENS. Perlombaandiikutiolehmahasiswa dari berbagai universitas dan politeknik sertasiswa-siswaSMK seluruh indonesia.

Dalam lomba pengembangan aplikasi yang bertajuk “save our nature save our future”tersebut, tim R.A.D.A.R mengembangkan aplikasi yang diberi nama Mediplant. Aplikasi tersebut ditujukan untuk membantu pengguna untuk memanfaatkan tanaman obat-obatan. Mediplant dikembangkan menggunakanplatformWindows Phone mobile. Mediplant dilengkapi fitur “Tahukah Kamu?” yang dapat membagikan informasi unik yang berhubungan dengan tanaman obat melalui facebook dan short messege servicec (SMS).

“Kami mengembangkan aplikasi tersebut kurang lebih selama 3 minggu,” tutur Andri Nuryawan, salah satu anggota tim R.A.D.A.R. Sebelumnya, aplikasi Mediplant sempat diikutlombakan dalam KompetisiCiptaAplikasiEdukasiUnity.Sayangnyakemenangan belumberhasil diraih.Namunhaltersebuttidakmematahkansemangattim R.A.D.A.R untukikutberkompetisi.   Sesaat setelah pengumuman hasil lomba Unity, aplikasi Mediplant segera dikirim untuk mengikuti lomba Adevcom tersebut. “Ini sungguh kemenangan yang tidak terduga,” jelas Andri.(farid)