Dosen Universitas Trunojoyo Madura Studi Banding ke Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika

Universitas Trunojoyo Madura melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta khususnya Jurusan Pendidikan Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika (28/01). Rombongan dari Madura diterima langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, K.Ima Ismara, M.Pd., M.Kes (In), Koorprodi Pendidikan Teknik Elektro, Khoirudin, Ph.D serta Koorprodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Herlambang, M.Cs

Hakam Muzzaki., M.T., Pimpinan rombongan dari Universitas Trunojoyo Madura dalam sambutannya mejelaskan bahwa maksud dan tujuan rombongannya melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik UNY adalah untuk menimba ilmu khusunya tentang sistem pembelajaran di Program Studi Mekatronika. “UNY adalah institusi besar dan berpengalaman, tentu ini menjadi tempat yang baik bagi kami untuk belajar karenaJurusan D3 Mekatronika di tempat kami (Madura) masih tergolong baru yang mana di buka pada tahun 2011”, tuturnya.

Sementara itu, K.Ima Ismara, M.Pd., M.Kes., menyambut baik kedatangan rombongan dari Universitas Trunojoyo. “Kami sangat terbuka untuk bertukar informasi karena dengan networking yang kuat, tentu akan menjadi fondasi yang kuat untuk pengembangan suatu institusi”, ujarnya.

“Semoga kedepan kita bisa berkolaborasi lebih jauh secara lebih riil baik dalam bidang pendidikan,  penelitian maupun bidang-bidang lainnya”, harapnya.

Kemudian Herlambang, M.Cs, saat mempresentasikan mengenai profil Pendidikan Teknik Mekatronika menjelaskan bahwa aspek pedagogik menjadi landasan yang kuat dalam pelaksanaan proses pembelajaran. “Para Mahasiswa digembleng untuk menjadi seorang pendidik dan juga dibekali dengan kompetensi yang mumpuni”, ungkapnya.

“Sehingga pada implementasinya, proses belajar disesuaikan dengan kebutuhan sekolah vokasi serta industri dan saat ini alumni kami terbukti mampu untuk beradaptasi dan manjalankan perannya sebagi seorang pendidik maupun bekerja di area industri”, tambahnya.

“Namun, jika dibuat perbandingan, alumni kami banyak yang terserap di wilayah industri”, bebernya.

Agenda ini dilanjutakan dengan diskusi tentang kurikulum dan persiapan akreditasi. Setelah sesi diskusi, rombongan diajak berkeliling mengobservasi fasilitas laboratorium dan bengkel yang ada di Fakultas Teknik, khusunya Program Studi Mekatronika.(hryo)