Fakultas Teknik UNY Pacu Kerjasama dengan Universitas Filipina

Tuntutan untuk kerjasama dengan berbagai universitas luar negeri menjadi keharusan bagi institusi yang akan bersaing secara global, terlebih di era teknologi digital ini. Fakultas Teknik UNY melakukan berbagai upaya internasionalisasi akademik di antaranya adalah memacu kerjasama dengan dua universitas di Filipina.

Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., di sela-sela kunjungan kerjasamanya di universitas Filipina mengatakan bahwa menjalin kerjasama dengan universitas luar negeri sangatlah penting. “Hal ini agar kualitas pendidikan, penelitian dan publikasi bisa setara dengan universitas mitra dunia” tutur Herman. (07/09/2023).

Dalam kesempatan tersebut, dua universitas Filipina yang menjadi tujuan kerjasama adalah University of the Philippines Diliman dan University of Science and Technology of Southern Philippines. Selain Dekan FT UNY turut serta dalam rombongan delegasi UNY adalah Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat UNY, Prof. Dr. Samsul Hadi, MT., serta dosen FT UNY, Suprapto, Ph.D. dan Muslikhin, Ph.D.

Di University of the Philippines Diliman, Kota Manila, Fakultas Teknik UNY menjalin kerjasama dengan College of Engineering. Delegasi UNY diterima oleh Dean Maria Antonia N. Tanchuling, Ph.D., Associate Dean for Aumni and Institutional Linkages Eric Augustus J Tingatinga, Ph.D. dan Director Institute of Electrical and Electronics Lew Andrew, Ph.D.

Kedua belah pihak berdiskusi dan menyepakati kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian. Dalam bidang pendidikan, kedua fakultas sepakat untuk melaksanakan program double degree antar program studi yang relevan, program visiting professor, student exchange, joint supervision dan studi lanjut doktor. Sedangkan dalam bidang penelitian, disepakati untuk melaksanakan joint research, joint author, joint conference.

Di University of Science and Technology of Southern Philippines (USTP), Kota Cagayan de Oro, Fakultas Teknik UNY menjalin kerjasama dengan College of Engineering and Architecture (CEA). Delegasi UNY disambut hangat oleh USTP President Prof Ambrosio B. Cultura II, Ph.D. dan jajaran pimpinan USTP dalam jamuan makan malam di Chali Beach Resort & Conference Center.

Keesokan harinya delegasi UNY berdikusi dengan tim USTP yang terdiri dari Vice Chancellor, Vice President, Dean CEA Lory Liza D. Bulay-og, Ph.D. beserta staf dosen fakultas CEA. Sebenarnya antara UNY dengan USTP sudah ada MoU (Memorandum of Understanding), akan tetapi imlementasinya di tingkat fakultas belum diformalkan dalam bentuk MoA (Memorandum of Agreement). Meskipun, selama ini sudah berjalan berbagai kegiatan kerjasama antar dosen di kedua fakultas dalam bentuk penelitian kerjasama internasional.

Dalam diskusi ini, kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan kerjasama yang sudah berjalan seperti penelitian bersama dan penulisan bersama. Selanjutkan akan dilaksanakan berbagai program seperti program double degree antar departemen yang relevan, program visiting professor, student exchange, joint supervision dan studi lanjut doktor. Dean Lory menyambut baik kunjungan dan kerjasama ini. Dia akan menyanggupi untuk mengunjungi UNY melakukan penandatanganan MoA dengan Fakultas Teknik UNY dan sekaligus sebagai pembicara dalam ICERI di bulan November 2023.