Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Kunjungi Dua Perusahaan BUMN Indonesia

Dalam rangka mengenalkan mahasiswa tentang perkembangan industry, HIMANIKA (Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Informatika) FT UNY menyelenggarakan kegiatan Kunjungan Industri ke dua perusahaan di Bandung. Kegiatan yang dilaksanakan pada 5 – 6 April 2015 ini juga menjadi salah satu usaha mempersiapkan mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika sebelum terjun ke industri.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika angkatan 2013 bersama dua dosen pembimbing yaitu Muhammad Izzudin Mahali, M.Cs.dan Muslikhin, M.Pd berkunjung sekaligus menimba ilmu di PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau disingkat INTI  dan PT Len Industri (Presero).

Kunjungan pertama  mahasiswa ke PT INTI yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Bergerak dalam bidang telekomunikasi, PT INTI banyak memiliki produk dan layanan untuk perusahaan Indonesia. Pada kunjungan tersebut, narasumber dari PT INTI menjelaskan beberapa produk diantaranya Tech4Water. Produk ini adalah sistem untuk mendeteksi banjir secara dini sehingga dapat meminimalisir kerugian akibat banjir.

Dilanjutkan dengan kunjungan kedua ke PT Len Industri (Persero) yang juga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibidang produk elektronika. Di perusahaan ini narasumber menjelaskan tentang macam produk yang dihasilkan PT.Len Industri. Diantaranya merupakan produk elektronika pertahanan, elektronika transportasi, energy terbarukan, dan teknologi informasi.  Mahasiswa juga ditunjukan tentang projek terbaru dari PT Len Industri yaitu Len Techno Park.

Kedua narasumber dari perusahaan sepakat bahwa bidang keilmuan Informatika dan Elektronika masih sangat dibutuhkan di industri. Mereka sangat terbuka untuk menerima mahasiswa yang ingin belajar bahkan menawarkan hasil karya produknya.  

“Kami sangat terbuka, jika ada yang menawarkan produknya ke kami begitu juga dengan mahasiswa yang ingin PKL disini” ujar salah satu Narasumber di PT Len Industri.

Dalam dua sesi kunjungan ini mahasiswa terlihat sangat antusias. Banyak pertanyaan yang muncul  dari mulai kerjasama produk, lowongan praktik industri dan detail pekerjaan. Adiguna Satrya Wibow, salah satu mahasiswa mengaku mendapatkan pengalaman dan inspirasi untuk karya tulisnya saat berkunjung di kedua perusahaan tersebut.

“Menambah pengalaman berkunjung dan menimba ilmu ke perusahaan besar di Indonesia, dan menginspirasi saya dalam pembuatan karya tulis” Ujar Adiguna. (afr)