VISITING PROFESSOR WITH MR. FERRY JIE “ACADEMIC WRITING AND PUBLICATION”

Visiting Professor yang diselenggarakan oleh Program Studi S2 Magister Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Yogyakarta mengundang Profesor Ferry Jie dari Edith Cowan University, Australia. Kegiatan dilaksanakan selama 8 kali pertemuan selama 8 minggu. Hari pertama dilaksanakan pada tanggal 1 November 2022 pukul 18.30 WIB sampai dengan 20.10 dan berakhir pada bulan Desember 2022. Kegiatan ini dilaksankan secara daring dengan menggunakan Zoom. Materi yang diangkat bertemakan “Academic Writing and Publication” yang diikuti oleh mahasiswa S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga tahun Angkatan 2021 dan 2022.

Pokok pembahasan pertemuan pertama yaitu pengertian penelitian; macam dan jenis penelitian; penjelasan mengenai penelitian kualitatif dan kuantitaif; langkah-langkah penelitian; dan bagaimana cara membuat pertanyaan penelitian. Profesor Ferry Jie menjelaskan secara jelas setiap materi yang ada sehingga mahasiswa dapat memahami dengan jelas materi yang diberikan. Setelah semua materi diberikan selanjutnya mahasiswa diarahkan untuk membuat grup kecil sesuai dengan konsentrasi masing-masing yang selanjutnya akan menentukan tema atau ide penelitian.

Mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok yang selanjutnya selama kurang lebih 15 menit dilakukan diskusi untuk menentukan topik penelitian, tujuan penelitian, dan pertanyaan penelitian. Setelah diskusi usai, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi yang sudah dilakukan. Selama menyampaikan hasil diskusi, Mr. Jie memberikan masukan dan saran kepada mahasiswa sehingga topik yang dipilih dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Kegiatan berlangsung dengan sangat lancar karena topik pembahasan berguna bagi mahasiswa untuk persiapan penulisan tesis. Visiting Professor selanjutnya akan membahas tentang bagaimana melakukan kajian literatur di mana mahasiswa diarahkan untuk membuat kajian teori yang sesuai dengan topik penelitian mereka.