ABHINAYA Raih Juara 1 di Konteks Robot Tematik Indonesia Wilayah I Tahun 2024

Tim Abhinaya dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih kemenangan gemilang dalam ajang Konteks Robot Tematik Indonesia (KRTMI) Wilayah I Tahun 2024 yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas) di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

Tim Abhinaya UNY, berhasil mengalahkan puluhan tim dari seluruh universitas di Indonesia dengan robot canggih mereka yang mengusung tema "Robot Pemilah Sampah". Robot tersebut dirancang untuk bergerak otomatis dalam pengambilan dan pemilahan sampah. Jenis sampah yang bisa terdeteksi oleh Robot yaitu sampah daun, plastik, kertas dan logam.

Keberhasilan tim ini tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi mereka dalam mengembangkan robot selama beberapa bulan terakhir. "Kami sangat bangga dengan pencapaian ini. Ini adalah hasil dari kerja keras, kolaborasi, dan dukungan dari seluruh pihak di UNY. Selanjutnya kami akan berjuang untuk meraih kejuaraan di Tingkat Nasional" ujar Ilham Widyo Nugroho selaku ketua tim Abhinaya. Dosen Pembimbing Tim Abhinaya, Prof. Ir. Moh  Khairuddin, M.T., Ph.D. pun memberikan apresiasi atas pencapaian tim dan meminta tim agar tetap semangat untuk persiapan lomba di Tingkat Nasional.

Tim Abhinaya UNY terdiri dari 13 mahasiswa dari berbagai jurusan dan dosen pembimbing Prof. Ir. Moh  Khairuddin, M.T., Ph.D. Anggota tim yakni:

Ketua: Ilham Widyo Nugroho ( D4 Teknik Elektronika)

Manager: - Mustika Wahyu Aprilia (Fisika) - Rose Pita Nur Afifah (Pend. Teknik Mekatronika)

Program: - Salsabila Azzahra Putri Shopia Dewi Utami (Pend. Teknik Mekatronika) - Tri Wahyu Handoyo (Pend. Teknik Mekatronika) - Farhan Yuda Mahendra (Pend. Teknik Mekatronika)

Elektronik: - Agus Bagaskoro (Pend. Teknik Elektro) - Abdul Hasib Adzdzin Nuha (Pend. Teknik Elektronika) - Ikhsan Nurrohman (Teknik Elektro)

Mekanik: - Muhamad Ilham Sony (Teknik Manufaktur) - Caesar Sokma Langgeng (Teknik Manufaktur) - Edo Raja Saputra Siahaan (D4 Teknik Mesin) -Rionaldi Nugroho (D4 Teknik Elektronika)

UNY mengikuti tujuh kategori di KRI ini, yaitu Tim Mobo-Evo (KRSBI-Beroda), Tim Gareng Punk (KRSI), Tim Al-‘Adiyaat (KRSBI-Humanoid), Tim Maestro-Evo (KRAI), Tim Abhinaya (KRTMI), Tim Mavis (KRBAI) dan Tim Rosemery (KRSTI) yang berada di Wilayah I.