FT UNY Selenggarakan 2nd International Joint Conference on Engineering, Technology, and Vocational Education

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarkan 2nd International Joint Conference on Engineering, Technology, and Vocational Education secara virtual (05/10/2021) dengan mengangkat tema “Research and Innovation in Technology and Engineering during the Covid-19 Pandemic”. Agenda ini merupakan gabungan dari 4 konferensi internasional yakni the 7th International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT), The 4th International Conference on Electrical, Electronics, Informatics, and Vocational Education (ICE-ELINVO), The 4th International Conference on Vocational Education of Mechanical and Automotive Technology (ICOVEMAT), The 4th International Conference on Sustainable Infrastructure (ICSI). Co-host dari acara ini adalah Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, Institut Teknologi Adhitama Surabaya, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Universitas Janabadra dan Universitas Papua.

Prof. Herman Dwi Surjono dalam laporannya menyampaikan bahwa Total ada 304 paper yang akan dipresentasikan pada sesi paralel yang terdiri dari 74 untuk ICTVT, 109 bagi ICSI, 61 pada ICOVEMAT dan 60 saat ICE-ELINVO. Herman menyatakan bahwa konferensi ini bertujuan untuk sharing pengalaman terkait pembelajaran selama era pandemi terlebih pembelajaran praktik yang mendapat tantangan cukup besar selama pandemi ini. Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. AIFO mengharapkan bahwa melalui forum ilmiah ini akan lahir terobosan , solusi dan inovasi dalam pembelajaran dalam masa pandemi maupun pasca pandemi.

Pembicara tamu pada sesi yang pertama adalah Assoc. Prof. Dr. Nirmal Nair dari University of Auckland, New Zealand yang memaparkan tentang Energy Communication Data Infrastructure through the lens of Zero Carbon Climate Change Adaptation and Natural Hazard Resilience dan Prof. Yu-Ren Wu, Ph.D. dari Department of Mechanical Engineering National Central University, Taiwan yang menjelaskan hasil penelitiannya tentang Innovative Gear Manufacturing Technologies.

Sesi kedua dihadirkan Hyungwook Choi dari National Agency for Administration City Construction, Republic of Korea (R.O.K) yang menjelaskan mengenai Korean New Administrative City, Sejong serta Prof. Slamet. PH, M.A., M.Ed, M.A., MLHR, Ph.D dari Universitas Negeri Yogyakarta yang membicarakan tentang Local Specificity-Based Learning in Vocational Education.