Kuliah Umum dan Bantuan 2 Unit Sepeda Motor dari PT AHM di FT-UNY

PT Astra Honda Motor (AHM)  memberikan kuliah umum dan  bantuan peralatan praktek  berupa 2 sepeda motor baru kepada Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT-UNY (26/03/2011) di Gedung KPLT FT UNY. Sepeda motor yang diberikan adalah Honda CS1 dan Honda Beat. Kedua sepeda motor ini akan   digunakan sebagai sarana praktek guna penguasaan teknologi sepeda motor bagi mahasiswa. Bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian PT.  AHM terhadap dunia pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia.   Acara ini diikuti oleh seluruh Dosen dan 200 Mahasiswa Jurusan PT. Otomotif FT UNY. Acara Penyerahan Bantuan 2 unit sepeda motor dan Studium General dibuka oleh Dekan FT Wardan Suyanto, Ed. Pihak PT. AHM diwakili oleh Bp. Jumanto selaku Head Costumer Service Region 3. Materi  Kuliah umum/Studium General adalah Teknologi Motor Honda disampaikan oleh Suwanto, S.Pd., Service Engineer PT. AHM. Materi yang diberikan meliputi teknologi PGM FI dan teknologi CVT ( motor matic) yang digunakan pada sepeda motor Honda. Kedua perwakilan PT AHM Bp Suwanto dan Bp. Jumanto adalah alumni Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY.
Bantuan diterima langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Martubi, M.Pd disaksikan oleh Dekan FT Wardan Suyanto, Ed.D dan Pembantu Rektor III Prof. Dr.Herminarto Sofyan. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif bukan pertama kali ini mendapat bantuan dari Astra Honda Motor,  pada tahun 1990 Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif menerima bantuan sepeda motor Honda Astrea Prima. Tahun 1994, AHM dan Jurusan Otomotif FT UNY mendirikan Bengkel Prototipe Honda yang menjadi salah satu bengkel untuk tempat pembelajaran ketrampilan dan unit produksi mahasiswa. Proses pemberian bantuan ini tidak lepas dari kepedulian PT AHM pada dunia pendidikan dan peran serta para alumni FT-UNY yang sukses berkarir di PT AHM.
Dekan FT Wardan Suyanto Ed.D dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada PT AHM yang telah peduli pada dunia pendidikan dan mengaharapkan  kerjasama ini akan terus ditingkatkan dengan mengembangkan Bengkel Prototipe Honda menjadi bengkel, pusat training, dan sekaligus laboratorium untuk mahasiswa. Demikian juga kepada para alumni yang telak sukses berkarir untuk selalu membimbing dan memberikan informasi kepada para mahasiswa dan almamater untuk peningkatan kualitas pembelajaran di FT UNY.
Dengan datangnya 2 sepeda motor dengan teknologi terbaru dari PT AHM ini semakin  menambah dan melengkapi fasilitas bengkel prototype Honda di jurusan otomotif FT UNY.  Dengan sepeda mototr berteknologi baru ini maka penguasaan kompetensi sepeda motor bagi mahasiswa akan meningkat sehingga akan menambah kualitas layanan yang diberikan kepada masayarakat umum berupa servis sepeda motor dan spare part juga pelatihan servise sepeda motor. Dengan peningataan fasilitas ini  diharapkan Bengkel Prototipe Honda FT UNY  dapat berkembang dan menjadi pendukung kebijakan pemerintah daerah dalam mewujudkan Yogyakarta sebagai “Pusat Pendidikan Berbudaya dan Yogyakarta Technical Training Centre”. (noor)