Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil FT
    • Sejarah FT
    • Visi dan Misi
    • Pimpinan
    • Dosen dan Karyawan
    • Renstra FT UNY 2020-2025
    • VIRTUAL TOUR
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan
      • Pendidikan Teknik Elektro
      • Pendidikan Teknik Mekatronika
      • Pendidikan Teknik Elektronika
      • Pendidikan Teknik Informatika
      • Pendidikan Teknik Otomotif
      • Pendidikan Teknik Mesin
      • Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
      • Pendidikan Tata Boga
      • Pendidikan Tata Busana
    • S1 - Teknik
      • Teknik Manufaktur - S1
      • Teknik Elektro - S1
      • Teknik Sipil - S1
      • Teknologi Informasi - S1
      • Teknik Industri - S1
      • Arsitektur - S1
    • S2 - Magister Pendidikan
      • S2 - Pendidikan Teknik Elektro
      • S2 - Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
      • S2 - Pendidikan Teknik Mesin
      • S2 - Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
    • S3 - Ilmu Teknik
  • Akademik
    • Permohonan Ijin Observasi
    • Permohonan SK Ujian TAS/PA
    • Permohonan SK Pembimbing TAS/PA
    • Permohonan Bebas Teori
    • Permohonan Ijin Penelitian TAS/PA
    • Permohonan Surat Tugas/Ijin Dosen/Tendik
    • Permohonan Surat Permohonan Praktik Industri ke Industri
    • Permohonan Surat Tugas Praktik Industri bagi Mahasiswa
    • Permohonan Surat Ucapan Terima Kasih pada Industri Tempat PI
  • Event
    • SEMINAR INTERNASIONAL ELINVO
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICOVEMAT
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICSI
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICTVT
    • SEMINAR NASIONAL SNPT
    • SEMINAR NASIONAL SNPTE
  • Jurnal
    • Dinamika
    • Edukasi Elektro
    • Elinvo
    • Home Economics
    • Inersia
    • JEATech
    • JPTK
    • Vokasi Otomotif
  • Library FT
  • Links
  • Penjaminan Mutu
  • SIM UNY
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Formulir
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
  • ZI - WBK

Pembelajaran Berbasis Kerja Penting Bagi Career Skills

By admin | 10:01 AM WIB, Wed February 02, 2022

Keterampilan karier merupakan hal penting disiapkan dalam menghadapi  dinamisasi  perubahan  dunia  kerja  abad  21.  Secara umum keterampilan karier terdiri dari keingintahuan, ketekunan, fleksibilitas, optimisme, dan pengambilan risiko. Oleh karena itu, sangat masuk akal jika menempatkan career skills sebagai aspek penting yang perlu ditanamkan melalui pembelajaran pada pendidikan vokasi. Pengalaman  fisik  dan  mental  yang  diperoleh  peserta  didik dalam bentuk melihat, merasakan, memegang, dan mengerjakan langsung merupakan bentuk Tacit Knowledge yang tidak bisa diperoleh  melalui  pembelajaran  biasa,  karena  interaksi  yang  terjadi antara individu dan lingkungan dalam proses WBL (Work-Based Learning) dapat mentransfer pengetahuan dari suatu pengalaman, sehingga peserta didik dapat beradaptasi  untuk menghadapi lingkungan yang baru. Inilah yang diungkapkan Prof. Dr. Kokom Komariah, M.Pd sebagai guru besar bidang Pembelajaran Vokasional pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta belum lama ini dalam pidatonya yang berjudul ‘Urgensi  Pembelajaran Berbasis Kerja  dalam Pembentukan Career Skills Bidang Boga’.

Wanita kelahiran Sumedang 8 Agustus 1960 tersebut mengemukakan bahwa pembelajaran berbasis kerja (Work-Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan untuk pendidikan  vokasi,  termasuk  bidang  boga,  karena  dapat  membentuk career skills  perserta didik, termasuk di dalamnya  kompetensi dan employability skills,   sehingga pembelajaran berbasis kerja bisa digunakan sebagai jaring pengaman pemenuhan   tenaga kerja untuk menghindari lulusannya menjadi penganggur. “Hal ini telah dibuktikan melalui berbagai hasil kajian bahwa input peserta didik yang diproses melalui program latihan dan pengalaman dapat membentuk kompetensi peserta didik dalam hal soft skills dan hard skillsnya, menjadikan orang-orang dewasa muda memiliki keunggulan yang kuat di pasar kerja” papar Kokom.

Warga Purwomartani Kalasan Sleman tersebut menjelaskan pembelajaran berbasis kerja adalah pembelajaran yang telah dipraktekan di seluruh dunia yang merupakan bentuk pembelajaran aktif dan dinamis yang perlahan berkembang sepanjang masa hidup individu yang juga telah dikembangkan di Indonesia oleh Ki Hajar Dewantoro yang membuat akronim 3N (Niteni, Nirokke, dan Nambahi) untuk menjelaskan proses belajar keterampilan. Niteni berarti memperhatikan, mengamati, atau menyimak dan Nirokke berarti menirukan atau  melakukan sesuatu sesuai contoh yang sedang diamati. Sedangkan Nambahi berarti menambahkan, menyesuaikan, melakukan perubahan, atau mengurangi keterampilan yang dipelajari sesuai dengan kreativitas masing-masing. Dalam konsep ini siswa aktif mengkonstruksi sendiri pengalaman belajarnya, sehingga sangat tepat  digunakan  dalam proses  work-based  learning  bagi  mahasiswa pendidikan vokasi. Proses WBL akan dilalui melalui pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman, dalam arti bagaimana memaknakan sebuah pengalaman sehingga bisa menjadi pembelajaran.  

Doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Program Pascasarjana UNY tersebut memaparkan dalam bidang kuliner membutuhkan kompetensi yang kompleks, bukan skills yang terbatas pada kemampuan mengoperasikan alat saja, tetapi sampai pada penghayatan nilai-nilai kerja itu sendiri, sesuatu yang agak sulit dicapai oleh lulusan yang tidak mempunyai pengalaman. Pemilihan model work-based learning untuk penguasaan kompetensi bidang Tata Boga dari jaman dahulu sampai sekarang tetap relevan, dengan mengenal istilah “nyantrik” atau magang sebagai proses pembelajaran tertua di dunia, dimana untuk penguasaan kompetensi tertentu seseorang harus nyantrik pada seorang guru sampai diperoleh kompetensi tersebut. Terbukti pada mahasiswa yang melakukan praktik industri di hotel berbintang mengalami peningkatan kemampuan pada aspek menyusun menu, menggunakan peralatan, sanitasi dan keselamatan kerja, menggunakan metode memasak, dan pemorsian, dengan rerata peningkatan sebesar 19%. Program magang perhotelan memberikan dampak pada peningkatan soft skill mahasiswa politeknik. Hal yang sama juga ditemukan pada pelaksanaan program magang di Jepang pada mahasiswa Tata Boga UNY. Program magang memberikan dampak positif terhadap pengembangan kompetensi kerja mahasiswa yang mencakup aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa. Muatan pengetahuan yang diperoleh oleh mahasiswa pada program magang mencakup pengetahuan budaya Jepang, prosedur kerja, food production, sanitasi hygiene, quality control, etos kerja, teknologi, dan mass production. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran berbasis kerja mampu menghasilkan career skills yang didalamnya bukan  hanya  menyangkut  aspek  kompetensi  lulusan  secara  hard skills, tetapi aspek employability skills termasuk karakter kerja yang sangat dibutuhkan para lulusan dalam hidup dan berkarier. (Dedy)

Berita Lain

  • UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI PUPR BAGI MAHASISWA FT UNY
    12/10/2019 - 08:12
  • Penilaian Pembelajaran Vokasional
    08/12/2021 - 14:30
  • Garuda EV-22 UNY Sabet 3 Penghargaan di IIMS
    04/14/2022 - 13:24
  • Suguhkan Rancangan Bendungan ekonomis dan implementatif untuk Kendalikan Kekeringan, Mahasiswa UNY Raih Juara 1 Lomba Rancang Bendungan Nasional
    11/27/2021 - 21:06
  • Dies Natalis 60 FT UNY: Konsep Belajar Menyesuaikan Zaman
    02/08/2021 - 09:27
  • Ayo Kuliah Fakultas Teknik UNY! Raih Kesempatan Magang di Jepang dan Sertifikasi Kompetensi
    04/13/2021 - 10:11
  • ROBOT MOBO EVO UNY RAIH JUARA PERTAMA KRI
    10/18/2021 - 10:17
  • Faculty of Engineering Accommodates Arts and Sports Talents
    04/14/2020 - 14:15
  • Pengembangan Wirausaha Berbasis Pangan Lokal tuk Dukung Potensi Pangan Lokal Indonesia
    04/13/2021 - 10:03
  • Student Creativity Program (PKM) Team from Faculty of Engineering, Yogyakarta State University, Won Bronze in Pimnas
    03/22/2020 - 11:06

Video Safety Briefing K3 FT UNY

Video Profil FT

Virtual Tour Fakultas Teknik UNY

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • BEM FT
  • HIMA MESIN
  • HIMA OTOMOTIF
  • HIMA ELEKTRO
  • HIMANIKA
  • HMTSP
  • HIMAGANA
  • UKMF FENOMENA
  • UKMF KMM
  • UKMF MATRIKS
  • UKMF KPALH CARABINER
  • UKMF OLAHRAGA
  • UKMF UNYTechTV

 

 

Bagian dan Sub Bagian

  • Subag Akademik
  • Subag Keuangan dan Akuntansi
  • Subag Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Subag Kemahasiswaan dan Alumni

Kontak Kami

Alamat : Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
Telp. (0274) 586168 psw. 1216,1276,1289,1292 (0274) 586734 Fax. (0274) 586734
Help Desk (WhatsApp) : 0895-2919-9119 (Jam Kerja 08.00 - 15.30 WIB)
website : http://ft.uny.ac.id
e-mail: ft@uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY