Mesin Pengisi dan Penutup Botol Otomatis Dengan E-modul Berbasis Android Untuk Pembelajaran Praktik PLC SMK

Dua dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu Dr. Sukir, (Pendidikan Teknik Elektro), dan Nurkhamid, Ph.D., (Pendidikan Teknik Informatika) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMK Negeri 1 Pundong, Bantul melalui Mesin Pengisi dan Penutup Botol Otomatis dengan dukungan E-modul Berbasis Android  untuk pembelajaran praktik PLC, yang didanai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Risbang Kemenristekdikti tahun 2019. Kegiatan ini juga melibatkan dua mahasiswa sebagai tugas akhir skripsi.   

Sukir menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa terkait penggunaan teknologi PLC sebagai pengendali berbagai mesin atau peralatan di industri begitu pesat belakangan ini. “Salah satu contoh kemajuan tersebut adalah pengendalian mesin pengisi dan penutup botol otomatis menggunakan pengendali PLC pada industri makanan dan minuman,” ujarnya.

“Mau tidak mau para calon pekerja khususnya lulusan SMK dituntut untuk menguasai kemampuan pengendali PLC di industri. Namun, minimnya media pembelajaraan SMK menyebabkan belum optimalnya pengusaaan kompetesi ini diantara siswa-siswa seperti yang dialami di SMK Negeri 1 Pundong, khususnya pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik,” lanjutnya.
Melihat ini, Sukir dan Nurkhamid mencoba berkontribusi dengan menyuguhkan media pembelajaran PLC dengan dukungan E-modul Berbasis Android sehingga juga dapat mengoptimalkan penggunaan handphone milik para siswa secara positif.

Produk teknologi yang digunakan pada kegiatan ini terdiri dari 3 macam, yaitu: trainer kit mesin pengisi dan penutup botol otomatis berpengendali PLC, trainer kit Dasar PLC, dan e-modul pembelajaran praktik PLC berbasis android.

“Produk teknologi ini bekerja untuk mengisi air ke dalam botol dan memberinya tutup secara otomatis,” ujarnya.

Produk  trainer kit mesin ini barupa pengisi dan penutup botol otomatis berpengendali PLC terdiri dari 4 bagian utama, yaitu: conveyor unit dan belt yang berfungsi sebagai transportasi pemindahan botol selama pengoperasian mesin berlangsung sebagai lintasan;  bottle filling unit, sebagai sarana untuk mengisi air kedalam botol, dengan  waterpump, dan  kran solenoid valve; bottle capping unit untuk memutar dan mengencangkan tutup botol serta panel komponen berupa PLC OMRON CP1E N40 dan komponen-komponen lainnya, sebagai sarana untuk menginstalasi input, output dan program.

Produk teknologi berupa trainer kit mesin pengisi dan penutup botol otomatis berpengandali PLC dan trainer kit Dasar PLC  serta kelengkapan yang lainnya telah diserahkan  ke SMK Negeri 1 Pundong pada 28 September 2019. Adapun pelaksanaan uji coba penggunaan trainer kit mesin pengisi dan penutup botol otomatis, trainer kit dasar PLC, dan e-modul berbasis android dalam pembelajaran Praktik PLC pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik  sebanyak lima kali dari 3 - 31 Oktober 2019.
Pihak SMK Negeri 1 Pundong melalui kepala sekolah, Sutapa, S.Pd. memberikan apresiasi tinggi dan mendukung kegiatan ini sepenuhnya dan pihaknya yakin media ini dapat meningkatkan capaian kompetensi siswanya.