Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil FT
    • Sejarah FT
    • Visi dan Misi
    • Pimpinan
    • Dosen dan Karyawan
    • Renstra FT UNY 2020-2025
    • VIRTUAL TOUR
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan
      • Pendidikan Teknik Elektro
      • Pendidikan Teknik Mekatronika
      • Pendidikan Teknik Elektronika
      • Pendidikan Teknik Informatika
      • Pendidikan Teknik Otomotif
      • Pendidikan Teknik Mesin
      • Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
      • Pendidikan Tata Boga
      • Pendidikan Tata Busana
    • S1 - Teknik
      • Teknik Manufaktur - S1
      • Teknik Elektro - S1
      • Teknik Sipil - S1
      • Teknologi Informasi - S1
      • Teknik Industri - S1
      • Arsitektur - S1
    • S2 - Magister Pendidikan
      • S2 - Pendidikan Teknik Elektro
      • S2 - Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
      • S2 - Pendidikan Teknik Mesin
      • S2 - Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
    • S3 - Ilmu Teknik
  • Akademik
    • Permohonan Ijin Observasi
    • Permohonan SK Ujian TAS/PA
    • Permohonan SK Pembimbing TAS/PA
    • Permohonan Bebas Teori
    • Permohonan Ijin Penelitian TAS/PA
    • Permohonan Surat Tugas/Ijin Dosen/Tendik
    • Permohonan Surat Permohonan Praktik Industri ke Industri
    • Permohonan Surat Tugas Praktik Industri bagi Mahasiswa
    • Permohonan Surat Ucapan Terima Kasih pada Industri Tempat PI
  • Event
    • SEMINAR INTERNASIONAL ELINVO
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICOVEMAT
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICSI
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICTVT
    • SEMINAR NASIONAL SNPT
    • SEMINAR NASIONAL SNPTE
  • Jurnal
    • Dinamika
    • Edukasi Elektro
    • Elinvo
    • Home Economics
    • Inersia
    • JEATech
    • JPTK
    • Vokasi Otomotif
  • Library FT
  • Links
  • Penjaminan Mutu
  • SIM UNY
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Formulir
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
  • ZI - WBK

PENGUKUHAN GURU BESAR BIDANG ILMU EVALUASI PEMBELAJARAN

By admin | 2:19 PM WIB, Mon October 26, 2020

Pandemi penyakit virus korona-2019 (covid-19) telah memaksa semua proses pembelajaran dilakukan dalam jaringan (daring). Pembelajaran tatap muka tidak diijinkan lagi karena berpotensi menularkan virus korona. Tanpa ada pandemi covid-19, mungkin masih banyak pembelajaran yang dilakukan dengan tatap muka, meskipun tuntutan pembelajaran di era industri 4.0 sudah berbasis teknologi digital. Sebelum pandemic covid-19, Program studi Pendidikan Teknik Boga hanya memiliki 16 mata kuliah e-learning yang terdaftar aktif di Be-smart dan 10 mata kuliah belum dibuka untuk mahasiswa. Pada masa pandemi covid-19, jumlah mata kuliah yang terdaftar di Be-smart program studi Pendidikan Teknik Boga meningkat pesat menjadi 42 meskipun hanya 24 mata kuliah yang sudah aktif digunakan. Pembelajaran dalam jaringan lebih cocok diterapkan pada mata kuliah teori tetapi kurang cocok diterapkan pada mata kuliah praktik. Program studi Pendidikan Teknik Boga memiliki banyak mata kuliah praktik sehingga terjadi banyak masalah selama penerapan pembelajaran daring. Penyebab masalah pembelajaran daring perlu dikaji dan dievaluasi untuk memperbaiki proses pembelajaran berikutnya. Pembelajaran daring  efektif jika mahasiswa dapat berinteraksi dengan konten, teman dan dosen. Ketersediaan interaksi sosial dapat menghilangkan perasaan terisolasi dalam pembelajaran online. Platform  online tidak pernah dapat menggantikan kehadiran fisik dan interaksi spontan di dalam kelas. Keinginan mahasiswa untuk kuliah tatap muka tetap ada. Demikian dikatakan Prof. Dr. Endang Mulyatiningsih, M.Pd. dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Pidato berjudul “Evaluasi Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Pandemi Virus Corona 2019” dibacakan dihadapan rapat terbuka Senat di Auditorium UNY, Sabtu (24/10). Endang Mulyatiningsih adalah guru besar UNY ke-162.

Warga Griya Purwa Asri Kalasan Sleman tersebut mengatakan, Direktorat Pembelajaran Dikti menetapkan empat komponen pembelajaran daring yang perlu dikendalikan mutunya yaitu mutu konten, proses, media dan evaluasi. Beberapa kriteria yang perlu diperhatikan oleh dosen untuk menjamin mutu pembelajaran daring adalah pembelajaran daring berlandaskan paradigma student centered learning sehingga konten pembelajaran dirancang semenarik mungkin, sistematis, mudah dipahami untuk belajar mandiri, memberi inspirasi kepada mahasiswa untuk aktif, kreatif, dan inovatif. “Selain itu proses pembelajaran harus memberi ruang interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan materi pembelajaran” paparnya. Media penyampaian berbasis teknologi yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21 dan evaluasi pembelajaran daring dilakukan untuk memantau kemajuan belajar, memberi umpan balik, dan penjaminan mutu alat-alat pengukuran itu sendiri.

Wanita kelahiran Banjarnegara, 11 Januari 1963 tersebut menyampaikan, mutu proses pembelajaran dinilai dari interaksi dosen dengan mahasiswa seperti pesan belajar, tugas, dan umpan balik tugas. Tingkat partisipasi  mahasiswa  dalam  pembelajaran daring masih belum stabil karena beberapa alasan seperti motivasi belajar mahasiswa tidak konsisten dan mudah menyerah pada saat menghadapi kesulitan. Waktu belajar yang tidak dibatasi justru menyebabkan beberapa mahasiswa menunda kegiatan belajar. Selain itu pembelajaran daring masih menghadapi banyak tantangan seperti tingkat penyelesaian tugas yang sangat rendah, mahasiswa mengeluh terisolasi, dan motivasi belajar rendah karena konten pembelajarannya kurang berkualitas. Setelah dilakukan pendalaman  kasus, mahasiswa yang tidak mengerjakan kuis sebelum pandemi covid-19 merasa belum siap belajar mandiri, terlalu banyak tugas, kurang suka membaca sehingga takut mendapat skor rendah. Mahasiswa yang mendapat skor 0 menyatakan sudah membuka kuis tetapi lupa mengerjakannya sampai batas waktu yang disediakan habis. Beberapa mahasiswa yang telah mencoba mengerjakan kuis tetapi mendapat skor rendah ternyata kurang termotivasi untuk mengerjakan kuis berikutnya.

Doktor bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY tersebut merekomendasikan agar mahasiswa memiliki kesadaran diri untuk belajar serta selalu memupuk semangat agar mencapai hasil belajar maksimal. Pada sisi lain dosen dapat mengembangkan materi yang sederhana dan mudah dipahami, karena materi yang terlalu lengkap dapat menyebabkan kelelahan bagi dosen maupun mahasiswa. Evaluasi pembelajaran sebaiknya dikombinasi dengan tes objektif yang diacak, berkualitas baik sehingga dapat mengukur kemampuan mahasiswa yang sebenarnya. Tugas-tugas individu sebaiknya berbentuk proyek yang menuntut mahasiswa berpikir kreatif. Memberi tugas dengan jawaban yang sama kurang baik karena memicu mahasiswa mencontek pekerjaan temannya. (Dedy)

Berita Lain

  • Kuliah di S2 Pendidikan Teknik Mesin Kedepankan Blended Learning
    05/17/2022 - 12:29
  • Robot Tari dan Mobil Hybrid Ramah Lingkungan Lengkapi Pameran Virtual Jogja Museum Expo Festival Museum Yogyakarta
    11/17/2021 - 14:30
  • PERKENALKAN KARYA MAHASISWA MELALUI KONSER BERTAJUK “REVOLOGIE”
    11/11/2019 - 13:00
  • Mahasiswa Mesin Pamerkan Karya Teknologi
    02/11/2020 - 10:09
  • Kerjasama Inovatif Antara Pendidikan Teknik Elektro UNY dan PT. LG Electronic Indonesia
    08/15/2023 - 12:02
  • Hasil Asesmen AUN-QA Terbit, FT UNY Miliki 2 Prodi Dengan Pengakuan Internasional
    06/30/2020 - 12:24
  • FLYING ROBOT TEAM OF YSU WON TWO KRTI PLANE DIVISION 2019
    02/28/2020 - 18:06
  • Kuota Program S2 Fakultas Teknik UNY Masih Tersedia
    07/03/2021 - 05:05
  • URBAN ETANOL COMEBACK, GARUDA UNY TEAM MEMBOYONG 2 PENGHARGAAN SEKALIGUS
    10/02/2019 - 09:39
  • Tim Garuda UNY Adakan Virtual Launching Mobil Garuda UG-20
    03/02/2021 - 12:08

Video Safety Briefing K3 FT UNY

Video Profil FT

Virtual Tour Fakultas Teknik UNY

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • BEM FT
  • HIMA MESIN
  • HIMA OTOMOTIF
  • HIMA ELEKTRO
  • HIMANIKA
  • HMTSP
  • HIMAGANA
  • UKMF FENOMENA
  • UKMF KMM
  • UKMF MATRIKS
  • UKMF KPALH CARABINER
  • UKMF OLAHRAGA
  • UKMF UNYTechTV

 

 

Bagian dan Sub Bagian

  • Subag Akademik
  • Subag Keuangan dan Akuntansi
  • Subag Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Subag Kemahasiswaan dan Alumni

Kontak Kami

Alamat : Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
Telp. (0274) 586168 psw. 1216,1276,1289,1292 (0274) 586734 Fax. (0274) 586734
Help Desk (WhatsApp) : 0895-2919-9119 (Jam Kerja 08.00 - 15.30 WIB)
website : http://ft.uny.ac.id
e-mail: ft@uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY