SEMINAR PENGENALAN ZWCAD DAN ZW3D DI FAKULTAS TEKNIK UNY

Senin, 20 Mei 2024 telah diselenggarakan Seminar Pengenalan Software ZWCAD dan ZW3D di KPLT Fakultas Teknik UNY. Acara yang diinisiasi oleh Departemen Pendidikan Teknik Mesin UNY dan Perusahaan ZWSOFT Indonesia ini dihadiri oleh sekitar 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen dari Departemen Pendidikan Teknik Mesin dan Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Lingkungan. ZWSOFT sendiri merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi ­all in one software dalam bidang CAD, CAE, dan CAM sejak tahun 2011. Penyelenggaraan acara ini bermula ketika salah satu mahasiswa Program Studi S1 Teknik Manufaktur, DPTM FT UNY, yakni Faisal Nugraha yang memenangkan ZWSOFT Competition bidang CAD ZW3D Tingkat internasional pada Bulan Oktober 2023. Berlatarbelakang prestasi tersebut, ZWSOFT Indonesia memberikan 102 lisensi gratis software ZW3D dan ZWCAD.

Achmad Arifin, S.Pd., M.Eng., Ph.D, salah satu dosen Departemen Teknik Mesin mengatakan, acara seminar tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari University Donation oleh ZWSOFT Company kepada Fakultas Teknik UNY guna mengenalkan software berbasis CAD/CAM kepada para mahasiswa dan dosen. Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Donation Agreement antara Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si. selaku Dekan Fakultas Teknik UNY dan Mr. Patrick Zi, Country Manager of Indonesia/Australia/New Zealand ZWSOFT. Ibu Dekan Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si. berharap ke depannya kerjasama antara Perusahaan ZWSOFT dan pihak kampus akan terjalin semakin baik dan dapat meningkatkan tingkat kompetensi mahasiswa.

Dalam aplikasinya, ZWCAD dan ZW3D memiliki keunggulan sebagai all-in-one software yang lengkap dan terintegrasi dengan berbagai jenis aplikasi simulasi, seperti simulasi termal fluid, mekanika, BIM, dan lain sebagainya. Dr. Apri Nuryanto, S.Pd., S.T., M.T. menuturkan bahwa, ke depannya software aplikasi ZWCAD dan ZW3D akan diterapkan sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah CAD2D dan CAD/CAM di Departemen Pendidikan Teknik Mesin secara bertahap.