Studi Banding Dosen Tata Boga Fakultas Teknik UNY ke UPI

Pada tanggal 4 Agustus 2022, Dosen Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga, D4 Sarjana Terapan Tata Boga, dan S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta melakukan kunjungan ke Fakultas Pendidikan dan Teknologi Kejuruan (FPTK) Universitas Pendidikan Indonesia khususnya pada Program Studi Pendidikan Tata Boga Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Rombongan diterima langsung oleh Wakil Dekan  Bidang Keuangan FPTK , Dr. Dedi Suryadi, M.Pd serta Koorprodi Pendidikan Tata Boga, Dr. Yulia Rahmawati, M.Si.

 Dr. Badraningsih Lastariwati, M.Kes,  selaku pimpinan rombongan dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam sambutannya menjelaskan bahwa maksud dan tujuan rombongan melakukan kunjungan ke FPTK UPI adalah untuk melakukan Workshop Pengembangan Kurikulum Prodi Tata BOGA sekaligus Studi Banding Pengembangan Unit Produksi dalam Rangka PTNBH. "UPI adalah institusi besar dan telah menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum sejak lama, tentunya ini menjadi hal baik bagi kami untuk sharing mengenai pengembangan kurikulum Prodi Tata Boga sekaligus mempelajari tentang pengembangan unit produksi dalam rangka UNY menuju Perguruan Tinggi Berbadan Hukum." tuturnya.

Sementara itu, Dr. Dedi Suryadi, M.Pd  menyambut baik kedatangan rombongan dari Universitas Negeri Yogyakarta, " Kami sangat senang dapat dikunjungi oleh teman sejawat untuk dapat bertukar informasi, memperkuat networking dan tentu saja hal ini sangat bermanfaat bagi pengembangan institusi. UPI telah menjadi PTNBH berdasarkan Peraturan Pemerintah No.15 Tahun 2014, kami juga memiliki TVET research center." ujarnya.

Kemudian, Dr. Yulia Rahmawati, M.Si saat mempresentasikan mengenai profil Pendidikan Tata Boga di UPI  bahwa Pengembangan Program MBKM pada tingkat Prodi dilakukan berdasarkan analisis situasi. Kebijakan yang diterapkan untuk program MBKM pada tingkat Prodi diantaranya dengan penyediaan payung hukum, fleksibilitas konversi mata kuliah dalam tiga kategori yaitu ekuivalensi, konversi, dan replikasi. Saat ini Program Studi Tata Boga UPI juga sedang mengajukan akreditasi internasional (AQAS), memiliki LSP dan mengupayakan teaching factory yang berkonsentrasi pada bidang bakery.  Sementara  itu dijelaskan pula  oleh Prof. Kokom Komariah, M.Pd  bagaimana  pelaksanaan MBKM  pada  Prodi Sarjana Terapan D4, dan Pendidikan Tata Boga S1 di Yogyakarta, dan  penjelasan tentang  jalannya Unit Produksi di  Program Studi Tata Boga. 

Agenda ini lalu dilanjutkan dengan diskusi mengenai kurikulum dan pengembangan unit produksi. Setelah sesi diskusi selesai, rombongan dosen Prodi Tata Boga UNY diajak untuk berkeliling mengobservasi fasilitas laboratorium yang ada di FPTK khususnya pada Prodi Pendidikan Tata Boga. (Kurni), KK).