Universitas Negeri Yogyakarta Menjalin Kemitraan Dengan PT Nihon Seiki Indonesia

Universitas Negeri Yogyakarta menjalin kemitraan dengan PT Nihon Seiki Indonesia (NSI). Kunjungan ini dilakukan di kantor pusat NSI Delta Silicon Industrial Park Lippo Cikarang, Bekasi. UNY mengutus Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Siswantoyo didampingi Sekretaris Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Kristiyono, MH, Kasi Kesejahteraan Mahasiswa Supriyono, S.IP, Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Cerika Rismayanthi, Kepala Divisi PI dan Magang Yosep Efendi, M. Pd serta sejumlah staf Pusat Karir dan Alumni.

Menurut Siswantoyo kegiatan ini bertujuan menguatkan jaringan alumni UNY di PT NSI untuk membantu serapan lulusan sekaligus mendukung dan memfasilitasi PT NSI untuk menyelenggarakan Recruitment on Campus (RoC) di UNY. “UNY akan mengundang General Manager PT NSI untuk menjadi Narasumber Seminar Karir dan membentuk tim riset yang merupakan kolaborasi beberapa prodi seperti Mekatronika/Elektro, Elektronika dan TI” katanya. General Manager PT NSI Widodo Bodro Husodo,S.E mengatakan General Manager dan Dewan Direksi Jepang sangat puas dengan performa 5 lulusan UNY yang bekerja di PT Nihon Seiki Indonesia. Oleh sebab itu, NSI ingin berkontribusi terhadap pengembangan UNY. “NSI akan mendukung pengembangan pendidikan di UNY, kecuali hibah alat/mesin. NSI tidak bisa memberikan hibah mesin karena mesin yang mereka gunakan bisa untuk memproduksi senjata api” kata Widodo. Menurutnya NSI sangat membutuhkan bantuan efektifitas dan efisiensi Quality Assurance dan Quality Check (QA-QC) untuk beberapa produk yang ukurannya sangat kecil. Selama ini QA-QC untuk komponen tersebut dilakukan secara manual yang melibatkan beberapa pegawai dengan bantuan mikroskop. Harapannya ada alat/mesin berbasis teknologi robot yang bisa memeriksa kualitas produk yang berukuran sangat kecil tersebut.

Saat ini ada 5 lulusan UNY yang bekerja di NSI. Mereka adalah Budi Irawan (Pend. Teknik Otomotif) Dept. PPIC, Riyadi (Pend. Teknik Otomotif) Dept. PPIC, Joni Bayu Setiawan (Pend. Teknik Mesin) Dept. Maintenance, Mohammad Azriel Syahputra (Pend. Teknik Mesin) Dept. Marketing dan Anang Kus (Pend. Teknik Mesin) pada Dept. Produksi.

Penulis : Dr. Cerika

Editor : Dedy