UNY Juara 1 Lomba Rancang Kuda-Kuda Nasional

Divisi Jembatan UKM Rekayasa Teknologi (RESTEK) Universitas Negeri Yogyakarta kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. kali ini di event bergengsi yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil (KMTS) UGM yakni Civil In Action, tiga mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan yakni Nanang Purniawan, Maria Yashinte Menge Making dan Galih Rixzal Basroni meraih juara 1 dalam perlombaan lomba rancang kuda-kuda nasional VI.

Perlu waktu yang tidak sebentar bagi Nanang dan tim untuk mendesain kuda-kuda, terhitung satu bulan lebih bagi mereka untuk mendesain dan menyusun proposal. Setelah berhasil lolos seleksi proposal, Nanang dan tim melakukan Technical Meeting di kampus FT UGM pada tanggal 18 Mei 2014. Pada hari selanjutnya mereka merakit kuda-kuda yang direncanakan serta mempresentasikannya di hadapan juri. Kemudian 20 mei 2014 dilakukan pengujian kuda-kuda.

"Kuda-kuda yang kami rancang berbahan baku kayu meranti putih dengan berat kuda-kuda 0,66 kg, beban yang mampu ditahan 250 kg dengan lendutan sebesar 1,55 mm pada beban 100 kg ", ujar Nanang kala diwawancarai tim humas.

Dengan meraih juara 1, Nanang dan rekan-rekannya mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp. 6.000.000,- beserta souvenir dari panitia. Dan mereka sangat bangga bisa menorehkan prestasi di tingkat nasional untuk almamater.

"Keberhasilan yang kita dapatkan sekarang harapannya dapat dipertahankan. Ingat, keberhasilan tidak didapatkan secara instan, tapi butuh perjuangan dan pengorbanan. Salam Juara Gareng (Garda Engineering) ", harap Nanang kepada Divisi jembatan UKM RESTEK UNY dan teman-teman Jurusan PTSP FT UNY (pii).