500 penerima beasiswa FT mengikuti Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa

Berbagai macam beasiswa tersedia di FT UNY seperti beasiswa PPA, BBM, Supersemar, Bank BTN, Pegadaian, Djarum dan Bidik Misi. Sekitar 500 mahasiswa FT-UNY berhasil meraih berbagai program beasiswa tersebut. Untuk mengajukan beasiswa setiap mahasiswa FT dipersyaratkan untuk membuat satu proposal karya ilmiah program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti. Proposal dari para mahasiswa ini akan diseleksi dan bagi yang lolos akan diajukan pendanaan ke Dikti yang kemudian akan diundang untuk tampil di ajang PIMNAS pada tingkat nasional.

Pada tahun 2010 ini Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)  berhasil meraih Juara Umum Ketiga dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIII yang diselenggarakan di Universitas Mahasaraswati Bali, dengan 8 medali, yaitu 4 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Fakultas Teknik selalu berperan aktif menyertakan karyakarya mahasiswa untuk berlaga di  PIMNAS  sebagai bagian dari tim UNY. Untuk mempertahankan prestasi UNY di ajang PIMNAS dan meningkatkan kontribusi FT dalam mendukung prestasi UNY menuju Word Class University maka pada (9/8./2010) bagian kemahasiswaan FT UNY menyelenggarakan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kepada sekiatar 500 mahasiswa penerima beasiswa di FT-UNY.


Pemateri dalam kegiatan ini adalah para pembimbing kemahasiswaan dan  Staf Ahli bidang kemahasiswaan  Yaitu Fitri Rahmawati, M.P, Bambang Sulistyo, M.Eng dan Sigit Yatmono, M.T. Menurut Fitri Rahmawati, M.P bahwa  PKM  dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang baik. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan, mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. Ada 5 jenis kegiatan yang ditawarkan di dalam program PKM, yaitu: (1) PKM Penelitian (PKMP), (2) PKM Penerapan Teknologi (PKMT), (3) PKM Kewirausahaan (PKMK), (4)PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM), dan (5) PKM Penulisan Ilmiah (PKMI). Program Kreativitas Mahasiswa Terbuka untuk seluruh mahasiswa program Diploma maupun sarjana, yang masih aktif, terdaftar di perguruan tinggi dan tidak sedang terkena sanksi akademik. Dapat diusulkan secara perorangan maupun kelompok non-himpunan, himpunan profesi ataupun unit kelompok.

Dari sosialisasi ini diharapkan mahasiswa  FT mampu mengahasilkan banyak proposal PKM yang dapat lolos ke ajang PIMNAS sehingga mampu berkontribusi untuk membawa UNY Juara Umum PIMNAS di tahuntahun mendatang. (noor)