Juara Lomba Desain Batik Carnival Temanggung 2014

Kusminarko Warno, mahasiswa Pascasarjana UNY dan Nur Amin, mahasiswa Pendidikan Elektronika FT UNY menjuarai Lomba Desain Batik Carnival Temanggung 2014 (24/11 – 19/12- 2014) yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung. Dalam kompetisi ini Kuminarko serta Nur Amin dinobatkan sebagai Juara I dan II setelah melalui serangkaian penilaian dari Dewan juri yang terdiri dari Tokoh Budaya Daerah Temanggung.

Dalam mengkreasi busana karnaval peserta harus menyisipkan beberapa unsur yang menjadi ciri khas Kabupaten Temanggung.

Kusminarko Warno yang meraih Juara 1 mengkreasi desain busana karnaval dengan judul “Permata Temanggung”. Dalam busanaya Kusminarko mengaplikasikan sumber ide tembakau, jaran kepang, cengkeh, ayam kedu, kopi dan Candi Pringapus yang menjadi khas Temanggung. “Semua kekhasan dan karakteristik Temanggung tersebut terangkum pada bagian sayap, mahkota hingga tongkat kebesaran”, jelasnya.

“Kostum tersebut memiliki dua sisi berbeda antara depan dan belakang. Selain itu kostum “Permata Temanggung” ini juga dilengkapi dengan aksesoris, rias fantasi, dan body painting”, tambahnya.
Sedangkan Nur Amin menjadi Juara 2 dengan desain berjudul “The Given of Temanggung”. Dalam desainnya, Nur Amin mengambil sumber ide dari cengkeh, Candi Pringapus & ayam. (ratri)