Kolaborasi Desain Busana antara Mahasiswa Busana FT UNY dengan Kangan Institute Australia

Delapan mahasiswa dari Kangan Institute, Australia berkolaborasi dengan mahasiswaProgram Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dalam program workshop  Design Development  of  Batik Fashion for Spring or Summer 2015-2016. Workshop ini merupakan kerjasama antara Program Studi Pendidikan Teknik Busana PTBB FT UNY dengan Kangan Institute, Australiaterutama dalam pengembangan koleksi batik fashion untuk pasar intenasional.

Wakil Dekan I FT UNY, Dr. Soenaryo Sunarto saat seremoni pembukaan workshop tersebut (24/06/2014) mengungkapkan bahwa UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan dunia dimana hal itu melalui sebuah proses yang panjang dan disini saudara sekalian akan belajar tentang warisan leluhur kami ini.“Bukan hanya tentang proses pembuatannya namun juga filosofi yang terkandung didalamnya”, ungkapnya.

“Selain batik nantinya para mahasiswa dari Australia dan Thailand juga akan kami perkenalkan dengan ragam seni dan budaya lainnya dari bangsa ini khususnya dari Yogyakarta”, imbuhnya.

Graham Long, dosen pendamping dari Kangan Institute, Australia mengungkapkan bahwa agenda ini sangat penting untuk peningkatan kompetensi para mahasiswanya. “Dengan project ini saya yakin mahasiswa dari Kangan dapat meningkatkan skills dan menambah pengetahuan tentang teknik desain batik dimana saat ini batik kian populer di beberapa negara”, ungkapGraham Long.

Ketika disinggung tetang awal mula kerja sama dengan Prodi Pendidikan Teknik Busana FT UNY, Graham Long mengatakan bahwa dirinya pernah hadir saat pagelaran busana mahasiwa dan takjub dengan apa yang dihasilkan para mahasiswa Busana FT UNY. “Karya mereka sangat menajubkan, mereka mampu menggabungkan bahan-bahan kain lokal Indonesia dengan teknik desain busana moderen sehingga menghasilkan busana yang sangat impressive”, cerita Graham.

“Dari situlah, saya berkeinginan membawa mahasiswa Kangan untuk belajar tentang kekayaan bahan lokal Indonesia serta berkolaborasi dengan mahasiswa Busana FT UNY untuk menghasilkan desain koleksi busana berbahan batik untuk pasar internasional”, tandasnya. (hryo)