Gerakan Menyambut Mahasiswa Baru Fakultas Teknik UNY oleh Pemandu Garda Depan PKKMB FT UNY

Tahun ajaran baru akan segera dimulai, namun sebelum mahasiswa memulai kegiatan perkuliahan biasanya para mahasiswa akan diperkenalkan terlebih dulu dengan lingkungan kampusnya. Hal tersebut bertujuan supaya mahasiswa baru lebih mengenal dan merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Peran pengenalan kampus menjadi acuan pertama bagi mahasiswa baru untuk dapat beradaptasi dengan baik dan mendapatkan banyak relasi. Namun pada tahun ini kegiatan tersebut harus terlaksana secara daring, yang meskipun begitu segenap panitia telah mempersiapkan yang terbaik untuk menyambut mahasiswa baru dan membimbing mahasiswa baru dalam dunia kampus.

Gebrakan baru untuk menunjukkan semangat ditengah wabah pandemi kali ini datang dari salah satu Sie di Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  (PKKMB) Fakultas Teknik (FT) UNY yaitu Sie Pemandu. Pemandu yang biasanya berhadapan langsung dengan mahasiswa baru sekarang ini hanya dapat menjangkau melalui media sosial saja. Kepemanduan dilakukan secara daring dan luring pukul 7.00 WIB hingga 9.00 WIB. Luring dilaksanakan  di KPLT FT lantai tiga sedangkan daring melalui google meet.

Kegiatan pertama berupa briefing yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan berupa sambutan yel-yel meriah dari pemandu kreasi. Setelah itu masuk ke sesi presentasi materi dan diskusi yang mendatangkan pembicara  Muhammad Harry Prayoga, S.I.Kom selaku ahli Retrorika dan Public Speaking pada diskusi pertama. Pada diskusi kedua terdapat pembicara Andian Ari Anggraeni, M.Sc selaku ahli dari Media Online. Seperti diskusi pada umunya yang juga menghadirnya sesi tanya-jawab disambut antusias oleh partisipan.

Kegiatan kepemanduan ini dihadiri oleh seluruh panitia dan tamu undangan guna manyambut meriahnya PKKMB walau terlaksana secara daring. Dan diakhiri oleh penutupan dan pemberian kenang-kenangan oleh pihak panitia kepada pembicara. “Acara berjalan lancar walau diawal sempat terdapat kendala namun dapat teratasi dengan baik. Seluruh rangkaian acara kepemanduan ini di koordinasi oleh PSDP (Pengembangan Sumber Daya Pemandu), saya sebagai controlling-nya.” Ujar Bahiy Ramas mahasiswa FT prodi otomotif selaku ketua pelaksana (koordinir fakultas) PKKMB FT UNY. (Desti/Bryan)