Kuliah Umum Teknologi Baja Ringan

Sabtu, 12 April 2014, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan (HMTSP) FT UNY mengadakan kuliah umum dengan tema "Teknologi Baja RIngan : Baja Ringan Sebagai Metode Pelestarian Alam". Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini berlangsung di lantai 3 gedung KPLT FT UNY.

Dalam Acara yang dibuka langsung oleh ketua jurusan PTSP FT UNY, Drs. Agus Santoso, M.Pd ini mendatangkan pembicara dosen struktur UNY, Ir. Joko Sumiyanto, MT dan Ir. Wim Kadarsono, MM yang merupakan perwakilan dari Galvasteel PT Kuda-kuda Total Prima.

Materi pertama diisi oleh Ir WIm Kadarsono dengan materi pengenalan berbagai macam baja ringan yang tersedia di pasaran terutama yang diaplikasikan pada kuda-kuda baja ringan.

Materi kedua diisi oleh dosen struktur UNY yang memberi materi mengenai perbandingan baja konvensional dan baja ringan. Dalam paprannya, baja ringan masih memilliki kekurangan, yakni belum memiliki peraturan yang jelas yang dimiliki oleh baja konvensional. Sehingga belum ada standar yang baku untuk aplikasi baja ringan di lapangan.

Acara ini dihadiri oleh 160 peserta yang terdiri dari mahasiswa jurusan PTSP dan juga mahasiswa dari universitas lain. Peserta nampak antusias memeprhatikan dan mencermati materi yang disampaikan serta mengajukan pertanyaan kepada narasumber.

"Semoga dari kuliah umum yang kami adakan ini, peserta dapat lebih mengenal aplikasi baja ringan yang saat ini sedang marak digunakan dalam pembangunan " ujar Nur Rahayu, ketua panitia kuliah umum kala di wawancarai tim Humas (Pii).