Penutupan Perkuliahan Pedagogik Program Akademi Komunitas

“Terima kasih kami semua diperkenankan untuk menuntut ilmu di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan tentunya ilmu yang kami disini akan menjadi modal berharga dalam kami menjalankan tugas ke depannya”, tutur Joko salah satu peserta Perkuliahan Pedagogik Program Akademi Komunitas saat seremoni penutupan  di aula KPLT FT UNY (28/02)

Seperti dilansir pada halaman www.kompas.com, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mendirikan Akademi Komunitas (AK) Negeri di 20 kabupaten/kota di Indonesia. Mendikbud mengatakan AK adalah bagian dari amanat Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti). AK bertujuan penguatan pendidikan vokasi dan mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan.

AK merupakan kebijakan Ditjen Dikti Kemdikbud dalam upaya mewujudkan ketersediaan pendidikan tinggi Indonesia yang bermutu dan relevan dilakukan dengan mengembangkan pendidikan vokasi jangka pendek (D1 dan D2) yang berorientasi pada penyiapan tenaga kerja yang dibutuhkan lapangan kerja di daerah maupun dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta memperluas akses pendidikan tinggi di daerah dan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK).

Dalam sambutannya Wakil Dekan I FT UNY, Dr.Sunaryo Soenarto, menekankan bahwa para peserta harus terus belajar untuk meningkatkan kemampuan pedagogiknya masing-masing. “Program ini dilakukan dalam waktu yang sangat terbatas oleh karenanya pasti masih banyak ilmu dan materi yang perlu penghayataan dan pengkajian mendalam sebelum saudara-saudara sekalian mengimplementasikannya”, tutur Wakil Dekan I FT UNY.

Sementara itu, Prof.Herminanto Sofyan, sebagai perwakilan dosen pengampu menyampaikan bahwa program yang ada di Fakultas Teknik UNY ini baru terminal awal. “Rekan-rekan sekalian harus senantiasa mengembangkan diri untuk benar-benar menjadi seorang pendidik yang profesional”, tutur Prof. Herminanto.

“Rekan-rekan dari berbagai daerah yang berbeda, Aceh, Padang, Makasar, Bojonegoro telah berkumpul di tempat ini dengan tujuan yang sama yakni mengembangkan ilmu pendidikan dan bawalah semangat itu sampai kapanpun dan dimanapun anda berada, semoga kesuksessan selalu menyertai anda sekalian”, tutupnya. (hryo)