Terinspirasi oleh indahnya Kupu-Kupu, Retno Wulandari Kreasi Baju Karnaval nan Menawan

Retno Wulandari Pratiwi Komar, mahasiswa Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, mengkreasi baju karnaval yang dinamai “Butterfly” yang terinspirasi dari siluet kupu-kupu.

Baju karya Retno ini juga telah dinobatkan sebagai Juara II pada lomba Fashion Design Competitionn yang bertajuk Plaza Senayan Palm Awards 2014 yang diselenggarakan oleh Plaza Senayan, Jakarta, November silam.

Dengan prestasi yang diraihnya mahasiswa yang baru saja mneyelesaikan studinya ini juga berhak mendapat beasiswa di LaSalle College Indonesia.

Ketika ditanya tentang busana karyanya, Retno menjelaskan bahwa selain kupu-kupu dirinya juga terinspirasi pada karnaval Rio De Janeiro, sesuai dengan tema lomba saat itu. “Cantiknya kupu-kupu benar-benar menginspirasi saya dalam pembuatan busana ini serta tentunya saya menyesuaikan dengan tema loma saat itu, yakni Rio De Jan Carnival ", kenang Retno.

Lebih jauh mahasiswa asal Magelang ini menuturkan bahwa rancangannya memberikan kesan anggun berbaur dalam siluet umbul-umbul berupa sayap kupu-kupu yang menciptakan imaginasi dalam busana karnaval. “Selain itu saya juga menggunakan kain lurik yang merupakan kain tradisional Yogyakarta sehingga mencerminkan kebudayaan Indonesia nan indah serta saya padupadankan dengan warna emas yang mengesankan kemewahan”, cerita Retno.

"Siluet yang membentuk tubuh dengan detail yang indah serta penggunaan bahan textile tradisional Indonesia berupa tenun berhasil memberi gambaran tentang  kekayaan kebudayaan bangsa", imbuhnya.

Balutan busana karya Retno menempel indah pada model saat peragaan busana di acara final

yang membuat pemakai busana tersebut terlihat cantik dan menawan. (hryo)