UNY Juara 1 Kategori Fuel Engine Pada KKCTBN 2014

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui UKM Rekayasa Teknologi (ResTek) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional melalui Kompetisi Kapal Cepat Tak Bermuatan Nasional (kKKCTBN) 2014 di Universitas Indonesia, Depok pada tanggal 4-6 November 2014. Dalam perlombaan yang diikuti oleh 22 perguruan tinggi ini kapal UNY Mecha 001 berhasil meraih juara 1 dalam kategori Fuel Engine.

KKCTBN 2014 atau Roboboat 2014 merupakan kontes yang diselenggarakan untuk menguji kreativitas mahasiswa dalam mendesain kapal, menetapkan prinsip engine matching dan merancang sistem otomasinya. Adapun dalam kategori fuel engine ini, tim Roboboat Uny ditantang untuk menciptakan kapal dengan mesin berbahan bakar cair sebagai tenaga penggerak dan diuji selama dua hari yakni pada tanggal 5-6 November 2014 dengan uji penguasaan medan dan lintasan, speed performance and manouver, serta penilaian desain kapal.

Kapal KUNY Mecha 001 merupakan hasil karya dari tim roboboat Uny yang beranggotakan Nanang Kurniawan, Ariyanto Saputro, Rudi Dwi Arlanto, Muhammad Filda Tamini, Rochmad Widodo dan diketuai oleh Putro Nugroho yang semuanya merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro dengan dosen pembimbing Deny Budi Hertanto, M.Kom.

“bangga dan terharu setelah pengumuman disampaikan oleh ketua tim juri KKCTBN 2014 yang menyatakan bahwa KUNY Mecha 001 dari tim Roboboat UNY memperoleh juara 1” ujar Tim seperti dilansir dari website tim Roboboat UNY, http://roboboat.restek-uny.org/ . (pii)