4 Prodi FT UNY Ikuti Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN secara Virtual

Berdasarkan agenda kegiatan yang sudah disusun oleh Pusat Penjaminan Mutu LPMPP, setelah agenda visitasi AQAS maka agenda selanjutnya adalah kegiatan visitasi ASIIN secara on line. Agenda kegiatan ASIIN ini dilakukan untuk memperoleh akreditasi internasional pada prodi-prodi dibawah  Fakultas Teknik UNY. Proses persiapan mulai dari penyusunan dokumen evaluasi diri telah dilakukan sejak tahun 2020 lalu. Kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi untuk menjelaskan gambaran dan teknis pelaksanaan visitasi yang dihadiri oleh semua jajaran pimpinan dan pihak-pihak prodi yang terlibat, dilakukan secara daring.

Untuk visitasi ASIIN tahun 2021 prodi-prodi yang dilakukan penilaian adalah S1 Pendidikan Teknik Informatika, S2 Pendidikan Teknik Elektro, S2 Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, S2 Pendidikan Teknik Mesin. Sedangkan peer group yang melakukan visitasi adalah Prof. Dr.-Ing. Reinhard Moeller dari University of Wuppertal (Germany), Prof. Dr. Heribert Vollmer dari University of Hannover (Germany), Prof. Dr. Hanfried Hesselbarth dari Zurich University of Applied Sciences (Switzerland), Drs. Abdul Halim Samad (Principal SMK Telkom Makassar, Indonesia), Tiara Yania Ifani Lakita dari Hasanuddin University (Indonesia) dan Sophie Schulz (ASIIN Office).

Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono menyampaikan bahwa agenda ini menjadi sebuah langkah progresif  untuk memastikan kualitas pendidikan yang sesuai dengan standar internasional serta penekanan terhadap  jaminan kualitas dan komitmen untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

"Kami yakin pengakuan standardisasi dari ASIIN akan lebih mendorong perbaikan di setiap program studi termasuk kualitas belajar mengajar, kualitas kurikulum, bahan ajar dan sumber daya manusia. Dengan fokus pada Outcome Based Accreditation atau pelaksanaan Outcome Based Education (OBE) yang sejalan dengan tujuan bidang vokasional untuk bersaing dalam ekonomi global di era teknologi seperti saat ini," lanjut Herman.

Agenda visitasi dilakukan sejak tanggal 30 Juni 2021 sampai 02 Juli 2021, dilakukan secara on line yang bertempat di Ruang Sidang Utama UNY dan Gedung KPLT Lantai tiga Fakultas Teknik UNY. Pada hari pertama acara dimulai dengan pembukaan yang dihadiri Koordinator Program Studi dan Perwakilan Pimpinan Universitas, dalam acara ini didiskusikan tentang hal pengembangan universitas, tata kelola studi dan manajemen pengajaran serta penjaminan mutu.

Hari kedua acara dilanjutkan dengan diskusi dengan mahasiswa dan alumni, dilanjutkan dengan diskusi dengan staf pengajar. Pada sore hari acara dilanjutkan pertemuan dengan partner dari dunia industri dan lembaga mitra. Dalam pertemuan ini dibahas kerjasama dengan industri untuk pengembangan prodi dan lainnya.

Agenda hari ketiga, acara dimulai dengan tour kampus secara virtual, dan diakhiri dengan pertemuan koordinator program dan pihak rektorat. Dalam acara ini  diberikan arahan dari Rektor dan Wakil Rektor atas feedback dari Peer group ASIIN. (ema)