Agenda Dies Natalis ke-54

Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan merayakan Dies Natalis ke-54 pada 7 Februari 2015 dengan mengusung tema, “Pendidikan Vokasi Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015”. Menurut ketua panitia Dies FT UNY ke-54, Putut Hargiyanto, M.Pd., serangkaian agenda dengan nuansa vokasi dan kekeluargaan telah dipersiapkan unttuk menyemarakkan peringatan ini. “Kami menyelenggarkan Olimpiade Vokasi level SMK dan SMA dengan mempertandingan beberapa bidang lomba sesuai dengan program studi yang ada di FT UNY”,  tutur Putut. “Selain mendapat trofi dan uang pembinaan, nantinya Juara dari tiap bidang lomba akan mendapat prioritas untuk menjadi mahasiswa FT UNY”, jelas Dosen Pendidikan Teknik Mesin ini.

Agenda lain, kata Putut adalah Technopreneur, Pelatihan berbentuk kompetisi ini dikhususkan bagi mahasiswa FT UNY dengan tujuan untuk memacu semangat berinovasi  mahasiswa hingga memproduksi produk yang mampu berdaya saing global.

“Kami juga menyelenggarakan pameran karya teknologi dan inovasi mahasiswa dan alumni. Dalam agenda tersebut kami sediakan pula space pameran untuk pihak industri mitra serta partisipan dari pihak luar selama 4 hari (1-4 Februari 2015)”, imbuhnya.

“Adapula Fashion Show dari mahasiswa angkatan 2012 Jurusan Pendidikan Teknik Busana bertajuk Diverchilago di Auditorium UNY (3 Februari 2015). “Peragaan busana ini akan memamerkan karya-karya busana dengan mengangkat karakteristik, potensi dan keunikan dari daerah-daerah di Indonesia”, bebernya.

“Kemudian, pada 5 Februari 2015, bertempat di Aula KPLT FT UNY, kami menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Vokasi bertema “Peluang dan Tantangan Menuju ASEAN Economic Community 2015”, ucapnya.

Keseluruhan agenda Dies FT UNY ke-54 tersebut akan diawali dengan senam bersama pada 1 Februari 2014 dengan mengundang seluruh keluarga besar FT UNY hingga para bapak ibu yang telah purna tugas.

“Pada akhirnya serangkaian agenda Dies FT UNY ke-54 akan ditutup dengan upacara pada 7 Februari 2015. Upacara tersebut akan diakhiri dengan suguhan drama yang menggambarkan perjalanan FT UNY selama 54 tahun”, pungkasnya. (hryo)