Bakti Sosial di Pondok Pesantren Yatim Piatu Dhu'afa Darul Fatihah, Bantul

Dharmawanita Persatuan (DWP) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan bakti sosial di Pondok Pesantren Yatim Piatu Dhu'afa Darul Fatihah Gulon Srihardono Pundong Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (16/05/2022). Rombongan DWP FT UNY yang dipimpin ketua DWP FT UNY, Ida Chamidah Herman Dwi Surjono. Dibuka lantunan ayat suci Al Qur’an surat Al Kafi oleh adek Febi, Ida Chamidah dalam sambutannya menyampaikan apresasi tinggi kepada seluruh pengurus Pondok Pesantren yang dengan gigih dan ikhlas mendidik anak-anak yang sangat dimuliakan Allah SWT ini. 

“Kehadiran kami kesini tidak lain adalah untuk belajar tentang kehidupan dan indahnya berbagi terlebih menyantuni anak yatim  adalah sebuah amalan dan akhlak yang sangat dianjurkan,” ujarnya. 

“Agenda ini dilaksanakan juga sebagai rangakaian rasa syukur atas acara peringatan Dies Natalis yang ke- 58 UNY,” imbuhnya.

Pimpinan Ponpes Nuryanto menyampaikan terbentukanya Ponpes dirintis pada tahun 2007 pasca gempa yang melanda daerah Bantul. “Pada tahun 2009 jumlah anak panti yaitu 14 anak dan saat ini sudah berjumlah 51 anak dimana 8 anak sudah berkuliah di sejumlah universitas di Yogyakarta,” bebernya.

“Ponpes Darul Fatihah khusus menerima anak yatim piatu dan gratis, serta diutamakan yang hafidz Quran dan kegiatan di ponpes hanya nyantri sementara pendidikan dilaksanakan di luar pondok,” terang Nuryanto.

Nuryanto menambahkan bahwa kebutuhan anak – anak panti yakni beras 3 – 3,5 kwintal /bulan dan biaya hidup 30 – 35 juta /bulan. “Program kedepan dari ponpes adalah wakaf produktif yaitu membeli sawah yang letaknya berada di sekitaran pondok untuk kegiatan santri, belajar bercocok tanam dan hasilnya akan digunakan untuk kehidupan sehari hari di pondok,” imbuhnya.

Agenda ini juga semakin khidmat dengan tauziah oleh Pembina Ponpes Drs. Marsudi Iman, M.Ag. yang menjelaskan tentang keisitimewaan anak yatim dan orang-orang yang menyantuninya.

Acara diakhiri dengan doa Bersama dan acara pemberian bantuan secara simbolik berupa uang dan sembako oleh ketua DWP FT UNY yang diterima oleh ketua Pondok Pesantren yaitu Bapak Nuryanto dan foto bersama dengan seluruh hadirin yang hadir.