DELEGASI UNIVERSITI TEKNOLOGI PETRONAS KUNJUNGI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA UNTUK JAJAKI KERJASAMA

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menerima kunjungan dari delegasi Universiti Teknologi Petronas (UTP), Malaysia, pada Selasa, (12/12/2023). Rombongan yang dipimpin oleh Prof. Ir. Dr. Hilmi Mukhtar, Deputy Vice Chancellor Academic UTP, tiba di kampus FT UNY untuk menjajaki potensi kerjasama antara kedua lembaga pendidikan. Turut serta dalam rombongan dari UTP yaitu  Dean, Faculty of Engineering, Dean, Faculty of Science, and Information Technology, serta seorang Executive, Business Development & Academic Planning.

Penerimaan delegasi UTP dilakukan dengan hangat oleh Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha FT UNY serta Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Umum, dan Sumber Daya FT UNY. Selain itu, para ketua departemen di lingkungan fakultas juga turut hadir dalam pertemuan ini. Agenda utama kunjungan ini adalah untuk menjajaki berbagai potensi kerjasama antara Universiti Teknologi Petronas dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini, Prof. Ir. Dr. Hilmi Mukhtar, menyampaikan, “kita mempunyai gagasan yang sama dan kita bisa bekerjasama pada bidang-bidang student mobility, staff visiting, joint riset, dan sebagainya. Tujuan kami kesini adalah untuk memperkenalkan Universiti Teknologi Petronas kepada Wakil Dekan, pengurus, dan bapak ibu sekalian. Terutama dalam bidang teknik, sebab kita fokus pada tiga bidang yaitu teknik, teknologi, dan sains.”

Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha FT UNY, Dr. Drs. Totok Heru Tri Maryadi, M.Pd., merespon positif ajakan kerjasama dari UTP Malaysia. “Kami menyambut baik ajakan dari UTP Malaysia untuk berkolaborasi dalam berbagai hal, baik dalam bidang akademik, publikasi, joint riset, kemudian pertukaran pengajar, baik itu visiting professor, outbound, inbound, dan sebagainya.”

Dr. Drs. Totok Heru Tri Maryadi, M.Pd., menambahkan, “kami berharap banyak berdiskusi untuk mencapai tujuan bersama, sehingga kita bisa membangun satu sinergi antara UTP dengan UNY. Pada waktunya, kita tinggal pelaksanaan dan kami berharap hari ini menjadi awal dari kerjasama kita dan yang kita tunggu adalah implementasinya.” imbuhnya.

Kunjungan ini menjadi momentum penting dalam mempererat hubungan antara UTP dan UNY serta membuka peluang kolaborasi yang berpotensi menghasilkan inovasi dan kontribusi yang signifikan di bidang pendidikan dan penelitian.