Servis Motor Gratis di Gunung Kidul

Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Bakti Sosial berupa Servis Motor Gratis (22-23/08/2020) di Kelurahan Ngalang, Gedang Sari, Gunung Kidul yang disponsori oleh Preston dari PT Autochem Industry. Acara yang dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., ini dilaksanakan selama dua hari dengan total 80 unit sepeda motor yang terlayani. 

Sutrisna Wibawa dalam sambutannya menjelaskan bahwa program ini merupakan wujud peran perguruan tinggi yang mengemban fungsi tridarma, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. “Ketiga darma saling berkaitan dimana darma pertama yaitu pendidikan atau teoretik dan kedua adalah penelitian yakni inovasi yang secara konkret mesti mendukung darma ketiga atau pengabdian berupa transformasi yang sedang kita laksanakan kali ini, “ terang Sutrisna.

Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Dr. Zainal Arifin, M.T. menjelaskan bahwa servis gratis ini meliputi pemeriksaan oli mesin, saringan oli, kopling, klep, karburator, saringan bahan bakar, filter udara, busa, rantai roda, rem, switch rem, tekanan air, shock breaker, lampu, klakson, air Accu, mur dan baut, lengan kemudi serta pengecekan bantalan roda.

“Selama dua hari ini, antusias masyarakat sangat tinggi. Pada hari pertama kami melayani 36 unit sepeda motor kemudian di hari minggu (hari kedua) kami mengerjakan sejumlah 44 unit,” beber Zainal.

“Banyak juga yang datang untuk berkonsultasi tentang kendaraan mereka serta bentanya-tanya mengenai prospek kampus UNY Gunung Kidul dan tentang penerimaan mahasiswa baru UNY,” ungkap Zainal.