Asesmen Lapangan Program Studi Program Profesi Insinyur

Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, pada Kamis (06/10) menjalani Assesmen Lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui moda daring via Zoom Meeting. Asesor yang diterjunkan ada 2, Prof. Dr. Ing. Herman Parung, M. Eng. dari Universitas Hasanuddin, dan Prof. Dr. Ing. Ir. I Made Londen Batan, M.Eng. dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dari UNY, hadir secara luring Rektor, Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan, Wakil Dekan FT bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Program Studi PSPPI, dosen PSPPI, dan Tim Task Force Akreditasi, serta Tim Pendukung lain. Sedangkan secara daring, hadir para Wakil Rektor, Kepala Biro UPK, Kepala Biro AKK, dan Tim Pendukung Lainnya.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.,AIFO. dalam sambutannya mengapresiasi adanya proses akreditasi yang dijalani oleh PSPPI, "Hormat kami, dengan penuh harap bahwa PSPPI ini dapat terakreditasi dengan hasil yang memuaskan, agar kedepannya dapat menyusul program profesi yang sudah terakreditasi sebelumnya, yakni PPG yang telat mendapat akreditasi A".

Prof. Dr. Ing. Herman Parung, M. Eng. yang awalnya ingin secara langsung datang ke UNY dalam asesmen ini, namun karena padatnya agenda sehingga hanya bisa melalui moda daring, "Kami harap asesmen ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, dokumen yang diperlukan dan data tambahan yang dapat dicek buktinya bisa disediakan oleh pihak UNY terlebih oleh Tim Task Force".

Prof. Dr. Ing. Ir. I Made Londen Batan, M.Eng. yang pernah melakukan terapi di HSC berharap "mudah-mudahan asesmen lapangan dapat terselesaikan di hari ini, sehingga esok hari bapak dan ibu bisa melanjutkan aktifitas mengajarnya"

Asesmen Lapangan untuk proses akreditasi sangat diperlukan sebagai kendali bagi program studi penyelenggara. Hal ini bertujuan untuk memastikan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan ke-empat. (Prasetyo)