FT UNY kembali kirim mahasiswa Praktik Mengajar di Malaysia

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) kembali menyelenggarakan program praktik pengalaman lapangan (PPL) di Malaysia selama satu bulan. Wakil Dekan I FT UNY, Dr. Sunaryo Soenarto saat membuka acara pembekalan (30/06-2015) menjelaskan bahwa pada 2014 pihaknya mengirimkan 12 mahasiswa untuk praktik mengajar di Malaysia sedangkan tahun ini, ada 9 mahasiswa yang diberangkatkan.

“Masing-masing mewakili Program Studi S1 di FT UNY yakni Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Mesin, Otomotif, Elektro, Mekatronika, Elektronika, Boga dan Busana”,  jelas Dr. Sunaryo Soenarto.Animo mahasiswa FT UNY utnuk mengikuti program ini ternyata cukup tinggi sehingga kemudian peserta dipilih melalui serangkaian tes yang terdiri dari bidang akademik atau kemampuan mengajar serta tes tentang kemampuan komunikasi karena tuturnya.Program praktik mengajar di Malaysia ini terselenggara berkat kerja sama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)”, imbuh Wakil Dekan I FT UNY.

Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk realisasi Memorandum of Understanding (MoU) antara UNY dengan UTHMKami bekolaborasi dengan UTHM, khususnya Fakulti Pendidikan Teknikal dan Vokasional, sehingga mereka lah yang mengkoordinir selama pelaksanaan program ini di Malaysia. Disana, mahasiswa kami akan mengajar selama satu bulan dengan target 12 jam per minggu selain itu, mereka juga kami minta untuk aktif dalam berbagai kegiatan baik akademik maupun non-akademik di masing-masing Kolej Vokasional.

Dr. Sunaryo Soenarto menambahkan bahwa sebelum pemberangkatan para peserta juga diberi pembekalan selama 3 hari. “Pembekalan meliputi peningkatan kemampuan instruksional, kemampuan berkomunikasi, serta cross culture understanding.Peserta sendiri akan kami berangkatkan ke Malaysia pada 8 Agustus 2015”, beber Dr. Sunaryo.

Sementara itu, Meida Mangesti, salah satu peserta program ini menjelaskan bahwa motivasinya mengikuti program ini adalah untuk menambah wawasan dan pengalaman .“Selain itu, saya juga ingin mengaplikasikan ilmu yang selama ini saya dapat di FT UNY serta belajar tentang sistem pengajaraan  negara lain”, ungkap Mahasiswa Pendidikan Teknik Mekatronika ini. (hryo)