PELATIHAN MENGHIAS KERUDUNG PESTA DENGAN APLIKASI PAYET

Mahasiswa S2 Program Magister Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, yang terdiri dari 3 orang yaitu Pungky Rima Syafitri, Eriana Nur Fahmayani, dan Putri Marganing Utami melakukan praktik pemberdayaan masyarakat di Dusun Bogem Kelurahan Mulyodadi Bantul (03-10/05/2022). Pemberdayaan masyarakat ini dilaksanakan melalui kelompok Usaha Ekonomi Wanita Desa Bogem Telu “Kue Bolu” dengan melakukan pelatihan menghias kerudung pesta dengan aplikasi payet.

Pemberdayaan masyarakat, menghias kerudung pesta dengan aplikasi payet ini dihadiri oleh 18 orang peserta yang merupakan bagian dari anggota kelompom Usaha Ekonomi Wanita Desa Bogem Telu “Kue Bolu” . Tujuan dari pemberdayaan ini yaitu meningkatkan pengetahuan payet, meningkatkan keterampilan untuk menggaplikasikan payet pada kerudung pesta dan selanjutnya memberikan pengetahuan mengenai pengemasan yang menarik kepada ibu-ibu anggota “Kue Bolu”. Penyampaian materi yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu dengan cara ceramah, tanya jawab atau diskusi, pelatihan individu dan kelompok serta pendampingan.

Peserta pelatihan menghias kerudung pesta dengan aplikasi payet diberikan kesempatan untuk belajar dengan media blacu sebagai prototype sebelum mengaplikasikan kedalam bahan sebenarnya sambil melakukan tanya jawab dan pendampingan langsung dengan pemateri yaitu mahasiswa S2 Prodi PKK. Selain memberikan materi mengenai payet, peserta juga diberikan pengetahuan mengenai macam macam jenis bahan kkerudung hingga pengemasan agar selanjutnya peserta pelatihan dapat melakukan pengembangan dan pemasaran secara mandiri untuk meningkatkan nilai ekonomikeluarga baik secara kelompok maupun individu.
Tanggapan peserta pelatihan terhadap pelatihan ini sangat baik, pendapat peserta metode payaet yang disampaikan pemateri cukup mudah dipahami dan diaplikasikan maupun di praktekan. Beberapa diantara ibu ibu anggota kelompok ekonomi “Kue Bolu” bahkan mulai mencoba mengupload postingan melalui media sosial Instagram mereka dan memiliki tanggapan yang baik terkait postingan tersebut. Hasil pelaksanaan pelatihan menghias kerudung pesta dengan aplikasi payet telah diberikan menunjukan kegiatan pelatihan membawa manfaat dan pengetahuan serta ketrampilan baru bagi para peserta yang hadir. ( PR, NNF, PMU)