Pelatihan Pembuatan Modul Ajar: Langkah Strategis Guru MGMP, SMK Pariwisata,dan SMK Ma’arif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Yogyakarta, 13 Juni 2024 - Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari tim dosen Departemen PTBB,Fakultas Teknik,UNY dan LP Ma’arif NU PWNU Daerah Istimewa Yogyakarta baru-baru ini menyelenggarakan pelatihan pembuatan modul ajar Kurikulum Merdeka bagi guru-guru MGMP, SMK kelompok pariwisata, dan SMK Maarif. Tim pengabdi terdiri dari Prof. Dr. Dra. Kokom Komariah, M. Pd., Prof. Dr. Dra. Marwanti, M. Pd., Titin Hera Widi Handayani, S.Pd., M.Pd.,dan Nur Aulia Wijayanti, S.Pd., M.Pd . dibantu oleh 4 mahasiswa Pendidikan Tata Boga (S1) dan 1 mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S2). Pelatihan berlangsung dari bulan Juni-Juli 2024 di Gedung  IDB  Jurusan Sipil dan Perencanaan FT Universitas NegeriYogyakarta, ini diikuti oleh 35 guru.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali guru dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam menyusun modul ajar yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini memungkinkan guru untuk lebih fleksibel dalam merancang pembelajaran yang bervariasi dan menarik bagi siswa.

Salah satu aspek yang dibahas dalam pelatihan ini adalah bagaimana mengadaptasi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan dan gaya belajar anak-anak zaman sekarang. Peran teknologi, kreativitas, dan interaksi menjadi fokus utama dalam menyusun modul ajar yang efektif.

Pelatihan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun modul ajar, tetapi juga mendorong terciptanya lingkungan pembelajaran yang lebih kolaboratif, kreatif, dan responsif terhadap perkembangan zaman.

Dengan selesainya pelatihan ini, para guru diharapkan dapat mengimplementasikan pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa mereka, sehingga menciptakan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan.(zulfa)