Sagami Fresh Co, Ltd Memonitor Peserta Magang dari FT UNY

Perusahaan asal Jepang Sagami Fresh Co, LTd. melakukan monitoring perkembangan akademik dari para mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yang telah 6 bulan magang di perusahaan tersebut. Rombongan dari Sagami yang terdiri dari Mr. Keiichi Hatsuoka, Direktur Sagami Fresh Co, Ltd dan Mr. Kensuke Oshima, Manager HRD, diterima oleh jajaran Dekan, Wakil Dekan serta Ketua Jurusan di Ruang Sidang (27/03/2018). Saat ini ada 10 mahasiswa yang masih melaksanakan magang di Sagami dan dalam waktu dekat 8 mahasiswa juga akan menyusul ke Jepang. Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Ir. Widarto, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi kepada Sagami yang telah memberikan ruang bagi mahasiswa FT UNY untuk mendapat pengalaman kerja yang luar biasa. 

“Para mahasiswa yang telah pulang dari program magang di Sagami mendapat bekal yang sangat berharga sebelum mereka lulus. Mereka telah lulus, cukup banyak yang kemudian menerapkan keterampilan dan pengalamannya selama di Jepang dengan berwiraswasta,” ujar Widarto.

“Jadi, saya rasa ini adalah implementasi kerjasama yang luar biasa dan program magang ini juga telah menjadi komponen utama pendukung akreditasi program studi,” lanjut Widarto.

“Sehingga program ini sangat berarti bagi kami dan akan terus ditingkatkan jumlah mahasiswa yang magang ke Jepang karena FT UNY memiliki berbagai cabang ilmu yang cukup komplit, seperti Boga, Busana, Elektro, Elektronika, Otomotif, Mesin serta Sipil dan, harapan kami, semua prodi tersebut bisa tersalurkan untuk magang di Jepang, imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa program magang di FT UNY terus dievaluasi dan dikembangkan karena ini termasuk program yang relatif baru, dan mulai mahasiswa angkatan 2018 nanti akan magang di industri selama 1 tahun. “Kami juga merasa sangat tersanjung dengan niat dan usaha dari Sagami yang juga terus memonitor perkembangan mahasiswa kami, dibuktikan dengan kunjungan hari ini,” tutup Dekan FT UNY.

Sementara itu, Mr. Keiichi Hatsuoka, selaku Direktur Sagami Fresh Co, Ltd., mangaku sangat senang dengan adanya program kerjasama  dengan FT UNY. “Saya mengamati bahwa para mahasiswa sangat pintar dan cepat beradaptasi dengan ritme kerja perusahaan kami sehingga keberadaan mereka jelas sangat membantu produksi kami,” aku Keiichi Hatsuoka. 

“Kami berharap kerjasama ini bisa terus berjalan dengan baik dan semoga pengalaman kerja para mahasiswa di perusahaan kami bisa benar-benar meningkatkan kompetensi mereka,” tuturnya
“Program ini juga banyak sekali membawa makna positif dimana mahasiswa atau dosen dari FT UNY bisa melihat serta belajar nilai-nilai yang baik dari Jepang dan kami juga banyak belajar hal-hal yang luar biasa tentang Indoneis,” tutupnya.