Fakultas Teknik UNY Jalin Lagi Kerjasama Dengan Perusahaan Jepang

Tahun 2023 ini Fakultas Teknik UNY mendapatkan kesempatan kunjungan dari Saison Personal Plus (SPP) Co., LTD., sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perekrutan tenaga kerja di Jepang. SPP Co. LTD berkunjung untuk mensosialisasikan program Internship di Jepang pada mahasiswa FT UNY, yang kemudian dilanjutkan proses seleksi pada bulan Agustus 2023. Mendapat peluang yang sangat baik tersebut, tentu FT UNY bergerak cepat memenuhi kebutuhan.

Fakultas Teknik UNY sebagai salah satu penyelenggara lembaga pendidikan tinggi terus berupaya menjalin dengan banyak industri yang relevan, baik skala Nasional maupun Internasional” Ungkap Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D, saat workshop Sosialisasi & Bimtek Magang Internasional di Jepang, yang dihadiri mitra dari Jepang yaitu SPP Co. LTD pada Rabu (24/05) pekan lalu. “Ini bagian dari komitmen FT UNY untuk terus meningkatkan kinerja internasional, dan menambah daftar mitra dan aktifitas kerjasama di Luar Negeri” imbuhnya. Kemitraan dengan perusahaan luar negeri ini juga untuk mendukung program kerja UNY menuju Universitas Berkelas Dunia.

Dalam kesempatan itu juga, Koji Yasunobe , perwakilan dari SPP Co. LTD, menuturkan tujuan dari kunjungan ini adalah inisiasi kerjasama perekrutan mahasiswa magang di perusahan di Jepang yaitu Maruko Food. Harapan kedepannya mahasiswa Fakultas Teknik UNY dapat memenuhi kriteria perusahaan dan dapat ikut serta dalam program magang untuk 3 mahasiswa terpilih. Mereka merencanakan proses seleksi mahasiswa pada bulan Agustus 2023, proses persiapan dan pelatihan bahasa selama 2-3 bulan, lalu dilanjutkan keberangkatan pada Oktober/November 2023.

Setelah ramah tamah dan sosialisasi program, agenda kunjungan dari perusahaan yang berbasis di kota Toshima ini, dilanjutkan dengan kunjungan lab serta menyaksikan hasil karya-karya mahasiswa. SPP Co. LTD sangat antusias mengunjungi Lab dan melihat proses pembelajaran praktik yang sedang berlangsung. Mereka pun memberikan beberapa masukan terkait teknologi dan budaya kerja, yang tentu akan sangat baik untuk peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.

Perusahaan SPP Co. LTD ini tentu akan menambah daftar mitra FT UNY di Jepang. Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini, Fakultas Teknik UNY telah mengirimkan beberapa mahasiswa untuk melakukan kegiatan Magang Internasional di Jepang, antara lain di (1) Yokoyama Kenma Kogyo, Co.; (2) Yutaka Seisakusho, Co.Ltd.; (3) Nikou Co. Ltd.; (4) Domremy. Co. Ltd.; (5) Imazato Food Co. Ltd.; dan (6) Sagami Fresh Co. Ltd . Dalam waktu dekat, yaitu pertengahan Juni 2023, ada 10 mahasiswa akan berangkat magang ke Yutaka Seisakusho, Co.Ltd, untuk melaksanakan magang selama 1 tahun hingga Mei 2024. Dengan berbekal portofolio yang panjang kerjasama dengan beberapa perusahaan tersebut , Fakultas Teknik UNY percaya diri mampu menyodorkan talenta muda berbakat kepada Koji Yasunobe sebagai pimpinan rombongan dari Saison Personal Plus CO., LTD.