FT UNY Berangkatkan Peserta Program Sarjana Mengajar 2015 di daerah 3T

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) mengirimkan 20 guru produktif untuk mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal. “Peserta yang terdiri dari lulusan FT UNY dan alumni Program PPG Kolaboratif yang dikelola FT UNY dengan Politeknik Pertanian Negeri Kupang akan mengajar di Kabupaten Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Sumba Timur, dan Kupang Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), selama satu tahun”, demikian diungkapkan Dekan FT UNY, Dr. Moch Bruri Triyono saat seremoni pemberangkatan Peserta Program Sarjana Mengajar 2015 di ruang sidang FT UNY (25/07-2015).
Program ini merupakan kerjasama Fakultas Teknik UNY dengan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
SMK yang menjadi tempat mengajar adalah SMK negeri yang masih kekurangan guru produktif sesuai dengan basis data Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dikmen Kemdikbud dengan meliputi bidang keahlian teknik elektro, elektronika, mesin, otomotif, sipil dan perencanaan, mekatronika, informatika, boga, busana, dan pertanian.
Selain guru produktif di daerah 3T, kata Dekan FT UNY, pihaknya juga mengirimkan 30 guru produktif untuk mengajar di SMK di daerah non-3T seperti Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Kalimantan Selatan.
Sementara itu Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., saat memberikan sambutan dan arahan menuturkan bahwa program guru produktif dengan penempatan di daerah 3T itu merupakan terobosan bagus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan mengandeng perguruan tinggi yang berbasis Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) seperti UNY.
"Program tersebut diharapkan bisa menjadi sarana pengabdian terhadap pembangunan bangsa khususnya ikut serta meningkatkan kualitas pendidikan di daerah 3T," katanya.
Kepada para peseta, Rektor UNY berpesan agar mereka tidak hanya sebatas menjadi pengajar di kelas.  “Saudara mesti terlibat dalam proses pendidikan secara menyeluruh sehingga bisa benar-benar memberikan input dan dampak positif bagi peningkatan mutu pembelajaran di tempat saudara mengabdi”, tuturnya.
Jadilah inspirator serta role model sebagai pembelajar yang mandiri dan berkarakter serta tularkan semangat cinta belajar kepada anak-anak didik disana”, pesan Rektor UNY.