Mahasiswa Boga FT UNY Juara 1 Lomba Inovasi Pengembangan Produk Hasil Perikanan

Rudi Haryanto mahasiswa Pendidikan Teknik Boga FT UNY dibawah bimbingan dosen, Fitri Rahmawati, M.P, dinobatkan sebagai juara 1 pada Lomba Inovasi Pengembangan Produk Hasil Perikanan yang diadakan Kementrian  Kelautan dan Perikanan Indonesia di pelataran Monas, Jakarta (24/11). Dalam kompetisi ini, Rudi dibawah arahan Fitri Rahmawati, M.P mengembangkan DOLALE kepanjangan dari Dolar Kepala Lele, yaitu produk makanan ringan semacam keripik yang terbuat dari tulang kepala lele dan tepung casava.

Rudi saat ditemui Humas FT, menjelaskan bahwa keunggulan DOLALE adalah murni produk lokal yang mengandung kalsium dan fosfor dari kepala lele. " Selain itu, produk ini juga bebas dari gluten karena menggunakan tepung casava ", ungkapnya.

Lebih detail, rudi menjelaskan cara prembuatan produk ini yang terdiri dari beberapa langkah. "Pertama, dalam wadah campur tepung kepala lele, tepung casava, gula pasir, garam, aduk rata, buat cekungan ditengahnya, kemudian tuang telur pada cekungan tadi, aduk searah memutar sambil tuang santan sedikit demi sedikit sampai mejadi adonan cair ", jelas mahasiswa yang juga menjabat sebagai Ketua Hima Boga dan Busana FT UNY ini.

Lalu tambahkan chop persley secukupya, setelah diaduk rata, panas cetakan kue semprong di buka, tuang ditengahnya satu sendok teh adonan. Tutup cetakan, biarkan 5 meniit kemudian dibuka, angkat dan dinginkan sebentar supaya mengeras, terakhir kemas dalam wadah tertutup ", beber Rudi.

" Dengan bermodalkan juara ini, saya semakin percaya diri untuk memasarkan produk ini dengan harga Rp.13.000 untuk yang kemasan 200 gram dan Rp. 1000 untuk satu bungkus berisi 5 biji ". tutup Rudi. (hryo)