Mahasiswa PTI UNY Terpilih Sebagai Pemuda Pelopor Bidang Komunikasi dan Informasi

Mahasiswa semester 8, Program Studi Pendidikan Teknik Informasika beberapa waktu lalu terpilih menjadi Pemuda Pelopor Bidang Komunikasi dan Informasi Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Penganugerahan sebagai Pemuda Pelopor Bidang Komunikasi dan Informasi diberikan oleh Kepala Dinbudparpora Kab. Purbalingga, Bapak Subeno pada upacara di kantor Dinbudparpora pada hari Kamis, 28 Mei 2014 lalu. Mahasiswa tersebut adalah Hardika Dwi Hermawan, atau akrab dipanggil Dika. Mahasiswa yang tengah sibuk dengan skripsinya ini memiliki semangat kepeloporan yang tinggi sehingga terpilih menjadi Pemuda Pelopor sesuai dengan bidangnya.

Pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga memberikan penghargaan kepada para pemuda yang telah menunjukan semangat dalam mengembangkan potensi diri, merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas pelbagai masalah. Di sinilah pemuda diharapkan tampil sebagai garda terdepan untuk  memberikan kontribusi efektif, kreatif dan inovatif.

Sebagai Pemuda Pelopor Bidang Komunikasi dan Informasi Kabupaten Purbalingga, Hardika dibantu teman dan pihak terkait telah melakukan berbagai kegiatan di Purbalingga yang membantu masyarakat Purbalingga dalam mengembangkan wawasan dan skill dalam Bidang Teknologi. Salah satunya adalah kegiatan dengan nama Edu-Tech yang dilaksanakan 2014 lalu. Edu-Tech (Education Technology) merupakan kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari di Desa Cipaku, Mrebet, Purbalingga dengan memberikan pelatihan (training) ICT pada hari pertama dan seminar ICT pada hari kedua.

“Perkembangan teknologi dan informasi memberikan banyak manfaat positif bagi kehidupan manusia. Namun, di sisi lain perkembangan teknologi juga memiliki dampat negatif apabila tidak kita sikapi secara bijaksana. Kegiatan seperti ini diperlukan untuk memberikan bekal kepada masyarakat bagaimana memanfaatkan teknologi secara baik dan benar dan juga sebagai wujud pengabdian kita sebagai mahasiswa kepada masyarakat.” Ujar Hardika.

Hardika menambahkan, bahwa dirinya dulu terinspirasi oleh Bapak Anies Baswedan yang menyampaikan bahwa,”Mahasiswa adalah kelompok berpendidikan, dan tentu saja wajib mendidik kelompok lain yang kurang terididik. Tak usah terus menerus mengecam kekurangan pendidikan, namun mari kita bangun pendidikan oleh segenap anak bangsa.”

Kegiatan kepeloporan lain yang telah dilakukan oleh Hardika di Purbalingga diantaranya adalah Workshop Pentingnya Pendidikan berkelanjutan di Desa Sirongge bersama Forsimangga, Talkshow Mengembangkan Ide dan Memotivasi diri dibeberapa sekolah di Purbalingga, serta pembuatan media pembelajaran untuk sekolah. (hardika)